TP PKK Barru Launching Inovasi Baru, Upaya drg Hj Hasnah Syam Cegah Stunting

  • Bagikan

BARRU.PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Barru terus berupaya mencegah kasus Stunting. Selain melakukan gerakan ayo makan telur Ketua TP PKK Barru drg Hj Hasnah Syam melaunching inovasi duta parenting dan minum tablet tambah darah serentak. Kegiatan ini dipusatkan di SMP 5 Pekkae, Kecamatan Tanete Rilau Senin, 25 Juli.

Anggota DPR RI ini menyatakan tingginya kasus anemi remaja putri ini perlu mendapat kan perhatian dalam kaitannya dengan kejadian Stunting, karena secara bersamaan saat ini kita bergerak bersama dalam mengentaskan Stunting dari segala aspek dengan pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri, rutin setiap Minggu. "Kegiatan minum tablet ini setiap minggu dapat mencegah stunting,"ujarnya.

Mantan Kadis Kesehatan ini menambahkan, sebelumnya kami dari TP PKK kab. Barru telah melaunching Gerakan ayo makan telur sebagai salah satu upaya percepatan penurunan stunting, maka kali ini juga dengan tujuan pengentasan Stunting kami menggagas kembali inovasi yaitu parenting berupa upaya pemberdayaan remaja peduli Stunting, yakni membentuk kader kader remaja di sekolah-sekolah menengah sebagai penggerak dalam mencegah stunting pada remaja dengan salah satunya berupa minum tablet tambah darah serentak yang akan kita lakukan setiap hari Senin, setelah upacara bendera.

Dimana kita akan bangun komitmen bersama bahwa setiap hari Senin disemua sekolah di kabupaten Barru tidak akan dimulai proses belajar mengajar sebelum anak anak remaja putri meminum tablet tambah darah.

"Upaya ini dilakukan dengan bekerja sama dinas kesehatan, puskesmas, dan dinas pendidikan serta diharapkan juga nantinya akan kita buatkan MOU bersama kementerian agama Kabupaten Barru,"ungkapnya.

Untuk itu tak henti henti nya kami mengucapkan terima kasih dari lintas sektor terkait sehingga kegiatan ini bisa berhasil sampai dengan tahapan ini dan semoga kedepannya gerakan inovasi ini mampu bergerak sebagaimana yang diharapkan dan mencapai apa yang diinginkan yaitu berkurangnya kasus kejadian anemi pada remaja putri dan menurunnya kasus Stunting di kabupaten Barru yang kita cintai bersama.

"Kami yakin pula bahwa program Minum tablet tambah darah untuk remaja putri antara lain akan membuat mereka semakin pintar, semakin cantik dan semakin sehat,"ujarnya. (mad)

  • Bagikan