HUT Kemerdekaan RI Ke 77, Polres Pinrang Gelar Lomba Pidato Bhabinkamtibmas

  • Bagikan

PINRANG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, serta untuk mengasah bakat dan kemampuan komunikasi personil bhabinkamtibmas di lapangan menuju Polri yang presisi.

Kepolisian Resort (Polres) Pinrang menggelar lomba pidato yang diikuti oleh 56 personel bhabinkamtibmas. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu dipusatkan di Masjid Nurul Khair Polres Pinrang, dari tanggal 10-12 Agustus 2022.

Wakapolres Pinrang

Kapolres Pinrang, AKBP Moh Roni Mustofa SIK MIK menuturkan, perlombaan ini selain dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI juga dalam upaya mengasah bakat dan meningkatkan kemampuan komunikasi personel bhabinkamtibmas saat bertugas di lapangan terutama dalam menyampaikan penyuluhan dan imbauan ke masyarakat luas.

Menurutnya, bhabinkamtibmas merupakan salah satu ujung tombak bagi kepolisian yang menjadi mata dan telinga pimpinan di tengah masyarakat. Dia pun berharap bhabinkamtibmas dapat menangkap dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Tujuan lomba ini, sebagai bekal bagi para anggota yang bertugas di lapangan agar lebih dapat memerankan dan mengaplikasikan fungsi binmas di tengah-tengah masyarakat. Bhabinkamtibmas, kata Kapolres, dapat melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta dapat menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat sehingga dapat tercipta suasana aman, tentram dan kondusif.

"Bagi para pemenang kita akan berikan hadiah, tujuannya untuk memotivasi anggota agar lebih bersemangat dalam melaksanakan tugasnya di desa masing-masing" jelasnya kapolres Pinrang

Senada diungkapkan, Wakapolres Pinrang Kompol H. Muhabar menuturkan kriteria penilaian meliputi vokal atau intonasi, ekspresi atau mimik, penguasaan materi dan interaksi dengan audiens.

Kasat Binmas Polres Pinrang, AKP Slamet Paryanto berharap, para peserta Lomba Pidato Bhabinkamtibmas tingkat Polres Pinrang ini, dapat memaparkan materi yang bisa mengajak masyarakat untuk melakukan hal-hal positif dan bhabinkamtibmas lebih kreatif dalam pelaksanaan tugas selaku pengembang fungsi pembinaan masyarakat guna wujudkan pemberdayaan Pemolisian Masyarakat ( Polmas) dalam memelihara kamtibmas.

Dalam Lomba Pidato Bhabinkamtibmas Polres Pinrang, Dewan Juri dipimpin oleh Wakapolres Kompol H. Muhabar, S. Ag, Kabag SDM Kompol Nurdin Mustafa, S. Sos, Kasat Binmas AKP Slamet Paryanto, dan Ipda H. Ridwan.
(*)

  • Bagikan