Bupati Target 7000 Wisatawan di Festival Danau Poso

  • Bagikan

JAKARTA, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemerintah Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah kini tengah berbenah guna menyukseskan pelaksanaan Festival Danau Poso 2022. Festival Dana Poso (FDP) kali ini mengangkat tema 'Pesona Megah Sulawesi Tengah" yang akan digelar pada 20-22 Oktober 2022 di Tentena.

Bupati Poso, Verna Gladies Merry Inkiriwang menuturkan, kunjungan pariwisata pasca pandemi sangat signifikan dimana tempat-tempat wisata telah terisi kembali. Dimana dalam artian pendapatan asli daerah (PAD) meningkat lagi. Bukan hanya itu, UMKM kembali mengeliat dan tumbuh dengan luar biasa.

" Tiga tahun terakhir kami melihat tidak ada turis asing, nah pada saat peringatan 17 Agustus yang dilaksanakan secara eforia setelah pandemi yang dipadukan dengan budaya. Ditiap kecamatan ada turis asing yang datang,"ujar Verna.

Untuk investasi, saat ini pemerintah juga mulai mempermudah investor untuk masuk dengan begitu banyaknya potensi yang bisa dimanfaatkan. "Kini ada investor dari Cina yang ingin masuk, dimana sektor pertanian dan perkebunan dan itu sudah dilirik,"katanya.

Untuk target kunjungan di FDP 2022 ini sebanyak 7000 wisatawan. Saat ini, pihaknya mulai mempersiapkan segala hal termasuk kesiapan sarana dan prasarana penunjang bagi pengunjung.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir menjelaskan, FDP 2022 pemerintah provinsi juga telah menyiapkan kesiapan dalam hal infrastruktur. "Ada beberapa jalan rusak kita benahi dan ditetapkan sebagai multiyears artinya yang bermasalah kita selesaikan hingga pelaksanaan FDP,"singkatnya.

Kadis Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Diah Agustiningsih menjelaskan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan agen-agen perjalanan dalam memeriahkan FDP 2022.

"Ada beberapa agen tour utamanya yang berada di Bali. Mereka yang akan diundang dan menjual paket-paket tersebut utamanya yang ke lembah laore yang ada megalitnya dan beberapa destinasi di Poso,"bebernya.

Terkait persoalan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kini jadi persoalan dengan berbagai pengurangan. Bupati Poso memastikan itu cukup. Dengan adanya event seperti FDP, pemerintah akan berkoordinasi supaya dalam pelaksanaan berjalan sesuai yang diharapkan.

" Pemkab Poso akan berkoordinasi dengan pihak Pertamina, Kapolda dan Danrem. Dan telah dilaksanakan rapat terkait persoalan BBM tersebut,"tutupnya.(*)

  • Bagikan