Kadis DKP Majene Ichwanty Harap Pelihara Ekosistem Laut

  • Bagikan

Kepala DKP Majene Hj Ichwanty Sudirman menyampaikan sambutan pada sosialisasi Pentingnya Menjaga Ekosistem Laut dan Pesisir di Wisata Dato, Kelurahan Baurung.

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebagai warga Negara Indonesia yang baik beserta pemerintah berkewajiban untuk melakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup khususnya menjaga dan melindungi ekosistem laut.

"Khususnya di Kabupaten Majene merupakan wilayah maritim yang memilki wilayah perairan laut yang luas, sehingga perlu untuk dijaga," tutur Hj Ichwanty Sudirman Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Majene saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi Pentingnya Menjaga Ekosistem Laut dan Pesisir di Wisata Dato, Kelurahan Baurung, kemarin.

Di hadapan puluhan peserta sosialisasi, Ichwanty memaparkan, salah satu konsep keberlanjutan yang berkembang dalam pengelolaan perikanan saat ini adalah konsep pendekatan ekosistem untuk pengelolaan perikanan atau yang disebut Ecosystem Approach to Fisheries Management (EAFM).

"Konsep ini menekankan pada eratnya ketergantungan antara keberlangsungan hidup manusia dengan kesehatan ekosistem dan kebutuhan untuk memastikan tingkat produktivitas ekosistem agar dapat dinikmati generasi sekarang dan masa depan," paparnya.

Ia mengingatkan, agar tidak merusak terumbu karang, karena dapat mengancam habitat yang mendiami perairan di Majene.

"Terumbu karang merupakan rumah bagi biota laut, seperti ikan, lobster dan udang, jika dirusak maka ekosistem laut juga akan punah," ujarnya.

Selain itu, masih terdapat permasalahan sampah di darat dan laut sekarang ini, yang akan berdampak signifikan di laut. Jika tidak serius menangani, maka sampah di laut semakin tak terbendung produksinya di masa mendatang.

Salah satu cara mengurangi sampah plastik di laut, lanjutnya, dengan mengalihkan kebiasaan penggunaan sejumlah barang yang terbuat dari plastik, seperti sedotan dan yang terbuat dari plastik.

"Kalau di sejumlah daerah luar sudah jarang ditemukan sampah plastik. Jadi pemilahan sampah penting dilakukan, seperti didaur ulang, sehingga mengurangi jumlah sampah laut dan lingkungan akan semakin bersih," pintanya. (edy)

  • Bagikan