Pemkot Parepare Persiapkan 37 Inovasi ke Ajang Innovative Government Award 2022

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare tengah serius mempersiapkan inovasi dari setiap SKPD untuk mengikuti ajang Indeks Inovasi Daerah, Innovative Government Award (IGA) 2022.

IGA diadakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendorong seluruh Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Kota untuk melakukan inovasi daerah secara berkesinambungan dalam upaya memajukan daerah dan meningkatkan kemandirian serta kesejahteraan masyarakatnya.

Pemkot Parepare pada ajang IGA tahun ini menyiapkan 37 inovasi dari beberapa SKPD/OPD untuk ikut berkompetisi. Persiapan IGA 2022 itu, dibahas dalam rapat koordinasi dan monitoring di Ruang Rapat Bappeda Parepare, Selasa, 13 September 2022.

Hadir Asisten III Setdako Parepare, Eko W Ariyadi, Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun yang mewakili Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, Kepala Bidang Litbang Bappeda, Andi Pangurisan Walinono, dan jajaran SKPD yang memiliki inovasi.

Eko W Ariyadi mengatakan, IGA atau Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif adalah penilaian berbasis inovasi daerah dalam berbagai bentuk bidang inovasi daerah yang telah berhasil dilakukan oleh Pemerintah Daerah baik dari aspek input, proses, output, dan outcome.

“Pemberian penghargaan IGA 2022 adalah kepada inovasi tata kelola pemerintahan daerah, inovasi pelayanan publik, inovasi daerah lainnya sesuai bidang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah,” katanya.

Eko memaparkan, sejauh ini hasil kerja para Tim Inovasi SKPD atau unit kerja telah terukur dan berhasil memberikan penghargaan kepada Pemkot Parepare.

Pada 2019, nilai indeks inovasi Parepare, untuk tingkat Kabupaten Kota berada di urutan 51, dengan indeks sangat inovatif (nilai 5,350). Kemudian pada 2020, untuk tingkat Kota berada di urutan 30 dengan indeks sangat inovatif (nilai 1,758). Sedangkan pada 2021 tingkat Kota, di urutan 44 dengan indeks inovatif (nilai 49,63).

“Kepada setiap SKPD diharapkan bisa lebih serius dalam persiapan IGA 2022, dengan meningkatkan kematangan masing-masing inovasi. Karena jumlah inovasi yang terinput pada aplikasi penilaian IGA akan mempengaruhi nilai indeks inovasi Kota Parepare,” ingat Eko.

Kabid Litbang Andi Pangurisan mengungkapkan, tahun ini Parepare menyiapkan 37 inovasi untuk mengikuti Penghargaan Innovative Government Award 2022.

“SKPD atau unit kerja yang terlibat, sebanyak 12 OPD, 2 Kecamatan, 3 UPTD, dan 1 Bagian Setdako. Penilaian dilaksanakan dalam waktu dekat, dan hasil penilaian biasanya diumumkan pada bulan Desember,” pungkasnya. (*)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan