Lansia Diberi Wadah Agar Produktif Melalui Posyandu Lansia

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Posyandu Lansia Ceria Kelurahan Ujung Lare menjadi perawikan Parepare untuk penilaian posyandu lansia tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Kunjungan penilaian tersebut dipimpin langsung Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provisi Sulawesi Selatan, Nurseha yang didampingi Kepala Puskesmas Lakessi Ilham Willem, Lurah Ujung Lare Ardiyansah, bersama Ketua TP PKK Kelurahan Ujung Lare, Haerana, dan dihadiri kader posyandu lansia ceria, serta tim dinas kesehatan kota parepare, di Jalan Muhammadiyah Kota Parepare, Rabu 26 Oktober 2022.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Nurseha mengatakan, kegiatan tersebut merupakan satu diantara program pembangunan kesehatan dengan memberikan kesempatan kepada lansia agar dapat produktif melalui posyandu lansia di 24 Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan.
Ia memaparkan dari 24 Kabupaten/Kota itu sebanyak 14 kelompok posyandu lansia yang mengikuti program penilaian posyandu lansia.

"Termasuk Kota Parepare yang diwakili Kelompok Posyandu Lansia Ceria Kelurahan Ujung Lare," ujarnya.

Hadirnya kegiatan ini, lanjut Nurseha menitip harap agar dapat dimaksimalkan dan dikembangkan agar para lansia atau orang tua dapat lebih produktif sehingga memberikan efek bantuan dalam upaya pengembangan pembangunan kesehatan di daerah.

"Juga berkontribusi dalam pencapaian target derajat kesehatan di provinsi hingga tingkat nasional," jelasnya.

Dia mengungkapkan setelah penilaian tersebut pihaknya akan memberikan reward kepada 14 Kabupaten/Kota yang telah berkonstribusi dan komitmen dalam mengembangkan posyandu lansia di wilayahnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Lakessi Kota Parepare, Ilham Willem mengungkapakan, pemilhan posyandu lansia ceria kelurahan ujung lare untuk mewakili Kota Parepare dalam penilaian provinsi tersebut bukan tanpa seleksi.

Ia memaparkan bahwa posyandu lansia ceria kelurahan ujung lare telah melalui tahap seleksi dengan kelompok posyandu lainnya wilayah Parepare dan dipantau lebih memiliki point tambahan yang menjadi alasan sehingga lulus kategori untuk mewakili Kota Parepare di penilaian provinsi.

"Salah satu pointnya ialah karena keatifan dari kader posyandu lansia ceria yang selama ini semangat dalam memberi konstribusi," katanya.

Ia kemudian berharap agar dengan adanya penilaian tersebut menjadi pemicu lebih giatnya para kader posyandu lansia untuk menumbuhkan kreatifitas dan produktifitas dimasa menuanya. (hes)

  • Bagikan