Komunitas Peduli Penghijauan Parepare Tanam Pohon

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Komunitas pemerhati lingkungan hidup, Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Parepare menggelar beberapa rangkaian kegiatan pada momentum Bulan Menanam Pohon Nasional Tahun 2022 tingkat Parepare.

Di antaranya Aksi Hijau 2022, dengan menanam puluhan pohon di sisi Jalan Petta Unga, Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, akses menuju ikon destinasi wisata, Anjungan Cempae, Rabu, 14 Desember 2022.

Sedikitnya ada 55 pohon jenis pucuk merah yang ditanam di pesisir Cempae itu, untuk mempercantik dan memperindah kawasan yang tadinya jadi titik pembuangan sampah sembarangan oleh masyarakat.

Ketua FKH Parepare, H Bakhtiar Syarifuddin (HBS) yang memimpin langsung aksi tanam pohon bersama Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare, Jenamar Aslan, Kabid Tata Lingkungan dan Pertamanan DLH, Ady Zulkifli, Lurah Watang Soreang, Hikmayani Sulaeman, para pengurus FKH, dan Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan Watang Soreang.

"Dipilihnya Jalan Petta Unga ini karena merupakan jalur strategis menuju destinasi wisata Anjungan Cempae. Agar meningkatkan kualitas RTH (ruang terbuka hijau), dan memperindah jalur menuju Anjungan Cempae dengan tanaman hijau di sisi kanan dan kiri jalan," ungkap Bakhtiar Syarifuddin di sela aksi tanam pohon.

Lurah Watang Soreang, Hikmayani Sulaeman mengapresiasi positif aksi penanaman pohon di Jalan Petta Unga ini. "Menanam pohon di lokasi ini sangat baik karena bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak lagi buang sampah di tempat ini. Semoga dengan lebih cantiknya lokasi ini membuat masyarakat enggan membuang sampah," harap Hikmayani.

Hikmayani mengaku, sudah sering mengedukasi masyarakat untuk tidak buang sampah di lokasi ini, melalui pemasangan spanduk dan peringatan lainnya, tapi masyarakat masih saja buang sampah. Penanam pohon di lokasi ini, dinilai Hikmayani, akan membantu menyadarkan masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan.

Sebelumnya, FKH juga menggelar berbagai rangkaian kegiatan seperti Festival Hijau 2022, di UPTD SDN 48 Parepare, Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Senin, 12 Desember 2022.

Festival Hijau ini mengusung tema Upaya Pemulihan Pola Hidup Bersih Sehat Pasca Pandemi.

Sekretaris FKH Parepare, Baharia Tahir mengungkapkan, dalam rapat di Kantor Bappeda Parepare pada 9 Desember 2022, diputuskan beberapa rangkaian kegiatan yang mulai berlangsung 10 sampai dengan 14 Desember 2022.

"Kegiatan-kegiatan itu adalah Festival Hijau berupa lomba daur ulang, nyanyi solo, dan puisi tentang lingkungan yang diikuti komunitas pecinta lingkungan pelajar SD dan SMP, berlangsung di SDN 48. Kemudian hari ini menanam pohon di Jalan Petta Unga, Cempae, Watang Soreang," tandas Baharia. (anj)

  • Bagikan