Hadiri Pelantikan ISMI, Taufan Pawe: Sinergi untuk Pertumbuhan UMKM

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pengurus Daerah Ikatan Saudagar Muslim Se- Indonesia (ISMI) Kota Parepare resmi dilantik.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, Ketua Dekranasda Kota Parepare sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK, Hj Erna Rasyid Taufan, Wakil Ketua DPRD Tasming Hamid, Kepala SKPD lingkup Pemkot, dan Pengurus ISMI Provinsi Sulawesi Selatan hadir dalam pelantikan yang yang digelar di Auditorium BJ Habibie, Kompleks Rujab Wali Kota Pareppare, Kamis, 9 Februari 2023.

Mengambil tema 'UMKM Berdaya, Ekonomi Tangguh'. Pada kesempatan itu, Wali Kota Taufan Pawe mengucapkan selamat kepada para pengurus ISMI Kota Parepare yang dikukuhkan.

Wali Kota menyampaikan, kehadiran ISMI yang merupakan organisasi yang didirikan oleh empat ormas Islam yakni NU, Muhammadiyah, MUI dan ICMI.
Diharap pengurus baru ini akan dapat menjalankan amanah organisasi. Sehingga ISMI Kota Parepare dapat lebih maju.

Wali Kota pun pun menitip harapan besar kepada pengurus ISMI Parepare untuk mensinergikan semangat Pemerintah Kota untuk menumbuh kembangkan UMKM yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan pemberdayaan ekonomi umat ke depannya dengan eksistensi dari pada ISMI.

"Saya berharap ISMI Parepare betul-betul menjadi engine kekuatan untuk memajukan UMKM di Kota Parepare. UMKM ini harus maju jika dikaitkan dengan teori telapak kaki saya. Jika ingin banyak telapak kaki di Kota Parepare maka dunia usaha (UMKM) harus kita bina dam suport, " jelas Taufan Pawe.

"Kami berharap sinergi antara Pemerintah Kota Parepare dan ISMI dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Parepare," tambah Taufan Pawe.

Pemerintah Kota Parepare, kata Taufan Pawe, telah menngembangkan kuiliner halal yang bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin. Kota Parepare saat ini memiliki potensi besar untuk mengembangkan beragam produk halal, mulai dari makanan, fashion hingga pariwisata ramah muslim.

"Oleh karena itu, saya optimis dalam waktu dekat Kota Parepare dapat menjadi salah satu daerah yang berkontribusi dalam penguatan ekosistem rantai nilai halal dalam negeri," ungkap Taufan Pawe.

Wali Kota Parepare dua periode ini menambahkan, kawasan kuliner halal akan diharapkan menjadikan Kota Parepare sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia.

"Kita berharap dukungan seluruh stakeholder untuk mengembangkan wisata halal di Kota Parepare. Saya yakin dan percaya penerapan nilai–nilai Islami yang komprehensif dalam pariwisata akan mendorong banyaknya wisatawan berkunjung ke Kota Parepare dan mereka akan semakin percaya bahwa Parepare ramah terhadap semua wisatawan," tandas
Ketua DPD I Golkar Sulsel ini.

Ketua ISMI Kota Parepare Dr Irwan Idrus menyampaikan bahwa dengan dilantiknya pengurus baru ini, bertekad untuk menjadikan ISMI sebagai wadah pengabdian dan membangun komitmen ekonomi yang kuat di Kota Parepare.

Program ISMI ke depan, kata dia, fokus kepada pemberdayaan UMKM. Para pelaku UMKM diharapkan bisa semakin berkembang, inovatif, berdaya saing yang tinggi sehingga bisa eksis dan berkompetisi di era global.

"Para pelaku UMKM bisa berkontribusi maksimal untuk umat. Makanya kita mengangkat tema seminar kita UMKM berdaya,ekonomi tangguh. Itu sudah terbukti ketika era pandemi, ketika banyak perusahaan yang tumbang, UMKM bisa bertahan dan eksis. inilah menjadi program ISMI kedepan, " pungkasnya. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan