Kapolres Majene Dukung Ketahanan Pangan Melalui Pemanfaatan Pekarangan

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemanfaatan lahan pekarangan merupakan salah satu alternatif, selain mendukung ketahanan pangan nasional, juga mewujudkan kemandirian pangan dalam sebuah rumah tangga.

Lahan kosong di sekitar kantor atau rumah jika dikelola dengan baik, tentu sangat bermanfaat dan memberikan kehidupan, seperti menanam tanaman cabai besar, cabai kecil, terong, dan kacang panjang.

Seperti halnya pemanfaatan lahan kosong di perkantoran, juga dilakukan Kapolres Majene AKBP Toni Sugadri. Didampingi para pejabat utamanya beserta Bhayangkari melalui kegiatan gebyar program ketahanan pangan di kebun Mapolres Majene, kemarin.

"Ini kita lakukan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional, guna mencegah inflasi pangan di wilayah. Untuk bibit tanamannya, di antaranya bawang merah, sawi, seledri, daun bawang, terong, buah melon, dan termasuk budi daya tanaman obat," sebutnya.

Hasil sejumlah bibit yang ditanam, lanjutnya, nanti dibagikan kepada para personel dan sebagian untuk dijual sebagai modal membeli bibit yang baru untuk penanaman selanjutnya. "Saat ini, kita sama-sama merawat tanaman ini, hingga kita panen," pintanya.

Ia berharap, pemanfaatan pekarangan dapat memotivasi masyarakat untuk ikut peduli menjaga ketersediaan pangan.

"Saya kira banyak di Majene lahan kosong masyarakat yang bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam, setidaknya bisa mengurangi pengeluaran uang bulanan kita," tuturnya. (edy)

  • Bagikan