Wali Kota Parepare Paparkan Solusi Penanganan Banjir

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-– Wali Kota Parepare, Taufan Pawe memaparkan berbagai solusi terkait penanganan banjir di Parepare.

Hal itu, diungkapkan Taufan pasca mengunjungi berbagai titik banjir di Parepare, di Cafe and Resto Teras Empang, Minggu, 5 Februari 2023.

Dari pantauannya itu, Ketua DPD Partai Golkar Sulsel ini memutuskan mengambil langka cepat. Setelah melihat secara konktet nyata faktual, untuk sementara akan diilakukan pembenahan secara swakelola.

“Termasuk untuk fasilitan umum kita harus gerak cepat, kita tidak bisa juga bertumpu dari harapan proposal dari dukungan pemerintah pusat karena ada hal yang urgen sekali untuk dibenahi,” katanya.

Wali Kota pun menekankan perbaikan fasilitas umum, maka dinas terkait harus gerak cepat, kalau bisa minggu ini segera dilakukan pengerjaan.

“Mudah-mudahan pihak TNI juga bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Parepare benahi sejumlah fasilitas umum ini,” jelasnya.

Realisasi dan antisipasi kondisi pasca banjir yang dialami beberapa masyarakat kata Taufan, Pemerintah Kota Parepare akan menggunakan dana dinas, maupun dana belanja tak terduga namun dengan tetap konsultasi dan koordinasi dengan BPKP.

“Ini semua demi kepentingan masyarakat agar dapat terus menikmati fasilitas pelayanan. Intinya Pemerintah tetap hadir dalam suatu keadaan apapun dengan cara-cara terukur,” terangnya.

Melalui kunjungannya itu juga, Wali Kota mengingatkan kepada pengembang perumahan agar dalam membangun, memperhatikan tata lingkungan minimal 20 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Kenyataannya, musibah banjir kali ini menyasar semua sendi-sendi fasilitas yang ada, dampaknya merusak fasilitas umum, beberapa jembatan yang fungsinya cukup terganggu seperti, jembatan di bawah kantor PLN Bakaru, dekat SMAN 5 karena memang arus air deras, juga tadi menemukan titik bencana yang berkarakter longsor,” ujarnya.

Taufan Pawe menambahkan, sinergitas Pemkot dan Pemprov menjadi kunci untuk mencari solusi demi menyelamatkan nyawa dan harta warga.

“Dalam waktu dekat kami akan duduk bersama Gubernur Sulsel untuk membahas masalah ini,” tandansya. (*)

Editor: PARE POS
  • Bagikan