Cegah Penyakit, Kadis dan Staf Kominfo Rutin Cek Kesehatan

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Majene, Moch Andri A Nugraha mengatakan, kegiatan cek kesehatan yang tengah dilaksanakan di kantornya itu, adalah merupakan kegiatan rutin yang diagendakan pihak Puskesmas Banggae I, Kabupaten Majene.

Ia menyebutkan, biasanya pemeriksaan dilakukan secara lengkap. Tetapi kali ini, hanya pemerikasaan tekanan darah saja, karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan, sehingga ada beberapa pemeriksaan yang tidak bisa dilaksanakan. "Namun, ke depannya, Insya Allah akan dilakukan pemerikasaan secara lengkap,” kata Andri.

Kadis Andri berharap, dengan adanya cek kesehatan rutin dilaksanakan di instansi yang dipimpinnya itu, seluruh staf Diskominfo dapat melaksanakan aktivitas secara sempurna, dengan kondisi kesehatan prima, baik jasmani maupun rohani.

Sementara, petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Banggae I Majene, Ummi Kalsum menyebutkan, kegiatan cek kesehatan ini, dilakukan bagi ASN maupun tenaga kontrak pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Majene, di Kantor Diskominfo Majene.

Kegiatan itu, untuk mengoptimalisasi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN di lingkup Diskominfo Kabupaten Majene. Itu rutin melakukan kegiatan untuk periksa tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat.

Ia menambahkan, pemeriksaan gula darah yang dilakukan pada saat bulan Ramadan, akan menunjukkan angka yang diharapkan, sebab kondisi tubuh seseorang memang belum terisi oleh zat seusai sahur.

Karena itu, kata Ummi, cek gula darah saat ini, sangat pantas dilakukan karena sementara puasa. Angka yang dihasilkan nanti sangat akurat. Kalau gula darah normal berada pada angka 70 hingga 140, di atas dari itu, sudah ketegori diabetes militus (DM).

"Begitu juga sebaliknya, jika di bawah 70, artinya yang bersangkutan bisa alami Hipoglikemia. Hipoglikemia adalah gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan kejang, penurunan kesadaran, hingga kerusakan pada otak. Karena itulah, hipoglikemia adalah kondisi yang perlu ditangani secepatnya," sebut Ummi.

Selain itu Ummi Kalsum juga menjelaskan, gejala ketika glukosa dalam tubuh rendah pada seseorang, yang bersangkutan akan merasa cepat capek, mengantuk, dan lain sebagainya. Ini perlunya dilakukan pemeriksaan secara rutin. (edy)

  • Bagikan