Momen Idulfitri, WBP dan Keluarga Silaturahmi di Rutan Kelas IIB Barru

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Bagi umat muslim, Hari Raya Idulfitri menjadi momen yang selalu ditunggu untuk saling bersilaturahmi. Tidak lengkap rasanya Hari Raya Idulfitri jika tidak berkumpul dengan keluarga. Biasanya saat Hari Raya Idulfitri, umat muslim akan berkumpul dan saling bermaafan kepada orang tua dan sanak saudara.

Tapi, bagaimana dengan mereka yang mendekam di balik jeruji? Menjalani kehidupan sebagai warga binaan, apakah harus pasrah, bahwa lebaran memang harus dirayakan tanpa sungkeman dengan orang tua, kakak, adik, dan anggota keluarga lainnya?

Meskipun kebebasan mereka dibatasi tembok dan jeruji besi, ternyata hak mereka untuk bertemu dengan keluarga tetap diperhatikan. Tidak terkecuali pada momen Hari Raya Idulfitri tahun ini.

Kesempatan warga binaan untuk bertemu dengan keluarga betul-betul dimanfaatkan dengan kembali dibukanya layanan kunjungan tatap muka Hari Raya idulfitri 1444 H. Di Rutan Kelas IIB Barru dibuka layanan kunjungan lebaran selama 4 hari dari tanggal 22 sampai 25 April 2023.

Suasana haru dan bahagia terlihat pada saat keluarga bertemu dengan warga binaan yang berada di dalam Rutan Kelas IIB Barru. Mereka dapat bercengkrama secara langsung serta berbagi cerita dan tawa di hari yang penuh kemenangan itu.

Momen perayaan Hari Raya Idulfitri tahun ini terasa istimewa bagi warga binaan dikarenakan tahun-tahun sebelumnya ditiadakan lantaran adanya pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari antusiasme pengunjung dari hari pertama sampai terakhir tercatat ada 993 pengunjung.

Sebagai upaya mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan layanan kunjungan, Rutan Kelas IIB Barru telah membentuk Tim Petugas Posko penerimaan barang titipan dan kunjungan hari raya. Aturan ketat telah diberlakukan terhadap pengunjung mulai pada saat registrasi keluarga inti sampai pada saat penggeledahan badan sebelum masuk ke ruang kunjungan.

Kegiatan layanan besukan ini di pantau dan diawasi langsung Kepala Rutan Kelas IIB Barru Mashuri Alwi. Dia memonitor langsung pelaksanaan penerimaan kunjungan hari raya.

Karutan juga mengapresiasi kinerja seluruh elemen sehingga layanan besukan hari raya Idulgitri berjalan dengan aman dan tertib sampai hari terakhir.

"Saya ucapkan terima kasih atas bantuan pengamanan kunjungan dari pihak TNI dan Polri. Terima kasih juga kepada seluruh petugas Rutan Barru yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. Di tengah lonjakan masyarakat yang sangat ramai mengunjungi warga binaan untuk bersilaturahmi, Alhamdulillah pelaksanaan layanan kunjungan tatap muka selama lebaran kali ini berjalan dengan aman dan lancar berkat sinergitas yang baik antara Rutan Barru, TNI dan pihak kepolisian," ucap Mashuri Alwi. (mad)

  • Bagikan