DPRD Barru Sosialisasikan Dua Ranperda

  • Bagikan

BARRU.PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam sehari pihak DPRD Barru membagi dua tim legislatornya untuk menyasar empat Kecamatan untuk melakukan sosialisasi Ranperda retribusi dan pajak daerah.

Setiap tim itu menggelar sosialisasi dalam dua sesi pada dua Kecamatan berbeda.

Sosialisasi ranperda pajak retribusi dan pajak daerah dimulai sesi pagi dan sore. Untuk tim anggota dewan yang bertugas di wilayah Kecamatan Pujananting menggelar sosialisasi Rabu (21/6) pagi dan sore di Kecamatan Tanete Riaja.

Sementara satu tim anggota dewan lainnya melaksanakan sosialisasi ranperda retribusi dan pajak daerah dihari yang sama di kecamatan Mallusetasi dan Soppeng Riaja.

Ketua Bapemperda DPRD Barru Andi Wawo Mannojengi yang dikonfirmasi membenarkan adanya agenda sosialisasi ranperda tentang retribusi dan pajak daerah yang dilakukan pihak DPRD.

"Untuk sosialisasi hari ini di wilayah Mallusetasi dan Soppeng Riaja dipimpin H Rusdi Cara bersama beberapa legislator lainnya. Sedangkan di wilayah Pujananting dan Tanete Riaja dipimpin H Kamil Ruddin,” ujar Andi Wawo.

Politisi PPP ini juga menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi ini dengan menyasar seluruh wilayah kecamatan untuk menyerap aspirasi masyarakat tentang beberapa hal yang berhubungan dengan kepentingan retribusi dan pajak daerah.

"Aspirasi dan masukan warga dari hasil sosialisasi ini nanti akan menjadi referensi dan bahan untuk para wakil rakyat sebelum melakukan pembahasan ranperda retribusi dan pajak daerah ini," urainya.

Apalagi jika ranperda ini sudah menjadi perda. Kata mantan Wakil Ketua DPRD ini, maka dengan adanya peraturan tersebut merupakan payung hukum bagi semua pihak.

Khususnya kepada eksekutif sebagai pemilik produk perda dan masyarakat sebagai obyek.

"Pihak dewan berharap dengan adanya ranperda retribusi dan pajak daerah ini. Eksekutif dapat meningkatkan sumber-sumber pendapatan untuk daerah di satu pihak dan di pihak lain tidak memberatkan masyarakat sebagai wajib pajak,"jelasnya. (mad)

  • Bagikan