Paccekke dan Takkalasi Wakili Barru Lomba Desa dan Kelurahan

  • Bagikan

BARRU.PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Desa Paccekke dan kelurahan Takkalasi merupakan wakil kabupaten Barru di ajang lomba desa dan kelurahan tingkat Sulsel tahun 2023. Kedua duta daerah ini telah diverifikasi lapangan oleh tim penilai provinsi Sulsel, Senin(19/6).

Tim verifikasi lapangan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023 mengusung tema ‘Pemerintah yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial’.

Kedua wakil kabupaten Barru ini, masing-masing berasal dari dua kecamatan berbeda. Desa Paccekke terletak di kecamatan Soppeng Riaja dan kelurahan Takkalasi di kecamatan Balusu.

Diawal sambutan Bupati Barru Suardi Saleh yang dibacakan Sekda Barru Dr. Ir. Abustan, AB mengucapakan selamat datang sekaligus menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan ketua tim penilai beserta rombongan untuk melakukan verifikasi lapangan penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan di kelurahan Takkalasi dan desa Pacekke.

"Kiranya ini dapat memberikan inspirasi kesan dan semakin meningkatkan motivasi bagi masyarakat kabupaten Barru pada umumnya dan lebih khusus kepada masyarakat di dua wilayah yaitu kelurahan Takkalasi dan desa Pacekke dalam rangka membangun dan memberdayakan diri,” ucap Abustan.

Dikatakan Sekda Abustan bahwa penyelenggaraan perlombaan desa dan kelurahan ini merupakan agenda nasional yang setiap tahunnya dilaksanakan, sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2015 .

“Perlombaan desa dan kelurahan ini menjadi sangat penting dan memiliki peran yang strategis dalam dinamika pembangunan daerah. Dalam perspektif pembangunan daerah di kabupaten Barru, penyelenggaraan perlombaan desa memiliki relevansi dengan upaya upaya pembangunan baik yang telah, sedang dan akan terus dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Barru dalam memicu dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” urainya.

Diakhir sambutannya Sekda Barru mengatakan semoga acara verifikasi lapangan penilaian perlombaan desa/kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan ini dapat menjadi dinamit penyemangat kemajuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di 40 desa dan 15 kelurahan se kabupaten Barru dan dapat bernilai Ibadah bagi kita.

Lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan diwakili oleh kelurahan Takkalasi kecamatan Balusu dan desa Pacekke kecamatan Soppeng Riaja.

Sementara itu, ketua tim lomba desa dan kelurahan yang juga kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi Sulawesi Selatan Drs. H. M. Saleh, M. Si mengatakan sangat mengapresiasi keikutsertaan kelurahan Takkalasi dan desa Pacekke dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan tahun 2023.

Lomba desa dan kelurahan adalah evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, untuk mengetahui efektivitas tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing Desa dan Kelurahan,” jelasnya. (mad)

  • Bagikan