Pentingnya Sinergitas Antara Orang Tua dan Guru dalam Membentuk Kepribadian Anak

  • Bagikan

Oleh: A Rifaldi Tegar
Mahasiswa IAIN Parepare

Orang tua merupakan sosok yang memiliki peran penting serta tanggung jawab dalam membentuk, mengasuh dan memenuhi kebutuhan anak-anak mereka.

Orang tua tidak hanya memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dasar anak seperti makanan, pakaian maupun kesehatan. Lebih dari itu, orang tua juga memiliki peranan penting dalam membentuk kepribadian anak-anak mereka melalui pengajaran nilai-nilai moral dan perilaku yang bisa mereka dapatkan melaui pendidikan formal maupun non formal.

Pada aspek pendidikan sendiri, figur seorang guru juga memiliki kontribusi yang besar sebab seorang guru bukan hanya berperan sebagai tanaga pengajar saja tetapi juga berperan sebagai sosok teladan yang baik dan pembimbing bagi anak.

Hal tersebut disebabkan karena pada hakikatnya setiap anak cenderung akan meniru setiap hal yang mereka anggap penting dari orang yang mereka teladani, yang dalam hal ini juga termasuk dari guru. Oleh karena itu, seorang guru juga perlu menjadi sosok contoh yang baik dalam berperilaku dan berkomunikasi pada anak.

Pentingnya peranan serta kerja sama antara orang tua dan guru juga tidak bisa diabaikan sebab keduanya memiliki pengaruh besar dalam membentuk kepribadian anak melalui pengajaran serta keteladanan yang baik bagi mereka.

Orang tua sebagai figur utama dalam kehidupan anak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memperkenalkan nilai-nilai dasar didalam lingkungan keluarga seperti rasa kepedulian, kerjasama dan tanggung jawab.

Terlepas dari hal itu disisi lain dimana seorang guru juga memiliki peranan penting dalam memperkuat dan mengembangkan nilai-nilai etika dan moral seperti kedisiplinan, kejujuran hingga saling menghargai perbedaan.

Melalui pendidikan yang baik, guru dapat berkontribusi dalam membantu anak untuk bisa memahami dan menginternalisasi nilai-nilai yang baik dalam kehidupan sehari-hari yang secara tidak langsung akan membentuk kepribadian mereka kedepannya.

Oleh sebab itu, peranan serta sinergitas dari orang tua dan guru menjadi salah satu unsur terpenting didalam membentuk kepribadian anak. Keduanya dapat berkolaborasi untuk mengajarkan nilai-nilai moral yang baik serta menjadi teladan dalam berperilaku baik guna mewujudkan pendidikan yang bermutu.

Oleh karena itu melalui kerjasama yang baik, orang tua dan guru akan dapat secara mudah untuk membentuk kepribadian yang baik pada anak dengan tujuan agar mereka dapat tumbuh menjadi individu yang bermoral serta berbudi pekerti luhur sehingga mereka bisa menjadi manusia yang berkualitas dan memiliki kepribadian yang baik dalam menggapai masa depan yang gemilang. (*)

  • Bagikan