Pemkab Gowa Belajar SIPD di Pemkab Barru

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Pemkab Barru melalui Sekretaris BKAD Barru Alimuddin menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam rangka studi tiru terkait SIPD Pengelolaan Keuangan Daerah yang dipimpin Sekretaris BKAD Gowa Mahmud, di ruang pertemuan BKAD Barru, pada Selasa (25/7/2023).

Menurut Mahmud, BKAD Gowa menjadikan Kabupaten Barru sebagai Lokus Studi Tiru karena Pemda Barru dinilai berhasil dalam pengelolaan keuangan daerah berbasis SIPD dan mampu meraih Opini WTP dengan Single Aplikasi SIPD.

"Kami mendapatkan referensi dari Pemerintah Provinsi dan beberapa Kabupaten lainnya bahwa Pemda Barru telah full menggunakan SIPD", ujar Mahmud.

Sementara itu, Kepala BKAD Barru Abubakar menyempatkan hadir dan berdiskusi dengan Tim BKAD Kabupaten Gowa. Dirinya menyampaikan bahwa dengan langkah yang telah dilakukan proses SIPD pengelolaan keuangan daerah semua merupakan data mengalir.

“Dari proses tersebut harus ada sinergitas, koordinasi dan komunikasi mulai dari proses perencanaan dari Bapelitbangda, proses penganggaran yang ada di bidang anggaran, proses penatausahaan dari Bidang Perbendaharaan dan proses Aklap di bidang akuntansi", katanya didampingi Sekretaris Alimuddin, Kabid Anggaran Andi Hardianzah, Kabid Akuntansi Hj. Nuralam dan PIC SIPD serta Tim teknis SIPD BKAD Barru.

Abubakar menegaskan bahwa Pemkab Barru khususnya BKAD, penerapan SIPD proses pengelolaan keuangan daerah mulai dari proses perencanaan, penganggaran, penatausahaan sampai pelaporan keuangan. Didalamnya terkait proses tertib administrasi Barang Milik Daerah di Bidang Aset bisa lebih maksimal kedepannya. (Humas IKP)

  • Bagikan