Bimas Islam Kemenag Majene Kukuhkan 24 Pengurus BKM

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majene melaksanakan pengukuhan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) di Aula MAN 1 Majene, kemarin.

"Seluruh rangkaian kegiatan diawali lantunan pembacaan ayat Suci Alqur'an, dilanjutkan pembacaan SK pengurus BKM," terang Kepala Kantor Kemenag Majene H Mustapa Tangngali.

Dijelaskan, pengurus BKM yang dikukuhkan sebanyak 24 orang dari 8 Kecamatan di Kabupaten Majene. "Hal ini, telah diinstruksikan Menteri Agama, agar seluruh BKM di setiap tingkat kabupaten harus di-SK-kan," ungkapnya.

Dikatakan, pengukuhan pengurus BKM disaksikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha H Darmawan dan Ketua Pokjawas Muhammad Darwis.

"BKM adalah lembaga yang dibentuk Kemenag RI, mulai dari pusat sampai ke desa. Pengukuhan BKM kita cuma undang ketua, sekretaris, dan bendahara untuk melegalkan, karena kondisi ruang tidak mencukupi," ujarnya.

Untuk ketua pengurus BKM tingkat desa, lanjutnya, adalah penyuluh, tingkat kecamatan Kepala KUA, sedangkan tingkat kabupaten adalah Kepala Kantor Kemenag Kabupaten. "BKM ini adalah berasaskan Pancasila, Iman, dan Taqwa kepada Allah SWT," tandasnya.

Ia menyampaikan, melalui pengukuhan BKM telah dihadirkan para pengawas, agar dapat berkolaborasi dengan Kepala KUA, sehingga BKM dapat berfungsi ganda.

"Tugas ini adalah tugas mulia bagi kita semua, ada 3 fungsi pokok BKM, yaitu Idara, Imara, dan Riaya," sebutnya.

Kegiatan pengukuhan tentu diharapkan untuk senantiasa berkolaborasi berinovasi agar menghasilkan pekerjaan sesuai yang diinginkan.

"Kolaborasi terhadap dinas sosial, kebersihan, PUPR dan Lingkungan Hidup serta lainnya," terangnya.

Dituturkan, jika pengurus BKM tingkat kecamatan mengalami kendala untuk bekerja sama dengan dinas terkait, maka BKM tingkat Kabupaten bersiap untuk membantu.

"Kalau 3 fungsi BKM ini sudah dilakukan dengan baik, maka nama lembaga BKM bisa berfungsi ganda, dan bukan cuma kesejahteraan dunia, namun juga mendapat kesejahteraan akhirat," tuturnya.

Sementara, Asisten I Setda Majene H Mustamin mengucap terima kasih kepada seluruh pengurus BKM yang telah disumpah sebagai BKM, dengan kalimat pada pengukuhan sumpah pada poin ke 4 mengamanahkan sifat utama Rasulullah saw, yaitu Siddik, Tablig, Amanah, dan Fathonah.

"Kita menyusun program sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan dan kita diminta untuk jujur, tanggung jawab dan disiplin, dengan kolaborasi, konsultasi, komunikasi dan kemitraan berjalan dengan baik," pintanya. (edy)

  • Bagikan