Inovasi Unik IRG Foundation, Gelar Upacara HUT RI Ke-78 Bersama Kalangan Pekerja Jalanan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- IRG Foundation cetuskan cara unik maknai kemerdekaan, dengan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke 78 bersama pekerja jalanan. Berlangsung di Lapangan Tennis Jati Diri Kota Parepare. Kamis 17 Agustus 2023.

Rangkaian upacara berlangsung khidmat dan sukses menarik simpatik. Bagaimana tidak, sebab kebanyakan upacara peringatan kemerdekaan Indonesia yang biasanya dilakukan bersama para pejabat dan petinggi negara.

Namun, hal unik justru dilakukan oleh IRG Foundation dan Komunitas Lingkar Hijau, dengan mengumpulkan puluhan pekerja jalanan. Seperti, Driver Ojek Online, Buruh Pelabuhan, Tukang becak, Tukang Parkir, Supir Angkot, serta masyarakat setempat.

Founder IRG Foundation, Ikbal mengatakan, hal ini merujuk dari kondisi yang terjadi ditengah perayaan upacara kemerdekaan tiap tahunnya. Khusunya, di Kota Parepare. Kelompok masyarakat pekerja seperti mereka selalu disibukkan dengan tanggung jawab dalam mencari pundi-pundi rupiah. Hingga tidak pernah merasakan moment sakral upacara kemerdekaan.

"Saya sadar saudara-saudara kita ini pasti ingin sekali merasakan suasana upacara kemerdekaan Indonesia. Namun, mereka tidak tahu harus bagaimana karena setiap harinya mereka harus bekerja. Jadi, kita berinisiasi untuk mengajak dan mengumpulkan mereka untuk bersama-sama, bersuka cita melakukan upacara HUT kemerdekaan, ini" katanya.

Respond baik dan suksesnya rangkaian upacara tersebut, mendorong hati Ikbal untuk merutinkan program tersebut tiap perayaan kemerdekaan mendatang.

"Saya berharap kegiatan sederhana ini dapat dimaknai bahwa kemerdekaan milik semua masyarakat Indonesia. Mari kita jaga keutuhan negara yang begitu kita cinta ini, merangkul masyarakat kecil dan tumbuh membangun negeri," tandasnya.

Salah seorang tukang becak yang tergabung dalam upacara tersebut, Deng Ceppi, mengaku begitu bahagia dan bersyukur. Sebab, kini dapat merasakan pengalaman perayaan upacara kemerdekaan Indonesia selama hidupnya.

"Alhamdulillah, senang sekali ka kodong. Selama saya hidup barusan saya bisa rasakan suasana upacara kemerdekaan. Semoga saja ditahun berikutnya saya masih bisa diberi kesempatan ini," tandasnya. (hes)

  • Bagikan