Disparpora dan Vokasi Unhas Lakukan Penguatan Kelompok Usaha Pariwisata

  • Bagikan

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Maros melakukan kerjasama bersama Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin untuk melakukan penguatan kelompok masyarakat yang berada di Kawasan Geopark Maros Pangkep.

Kerjasama dalam bentuk peningkatan kapasitas itu dilaksanakan melalui program Kedaireka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang dilaksanakan di Hotel Grand Town., Kabupaten Maros, Kamis 7 September 2023.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pemkab Maros, M. Ferdiansyah mengatakan jika program Kedaireka yang ia laksanakan bersama Fakultas Vokasi Unhas memang menyasar mitra kelompok yang berada di Geosite Rammang-Rammang dan sekitarnya.

"Program peningkatan kapasitas ini mengundang para pemateri expert dari bidang pariwisata yang memiliki kredibilitas untuk membantu kelompok masyarakat untuk meningkatkan lagi kemampuan dan daya saingnya," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu 10 September 2023.

Salah satunya itu, Bapak Didi Leonard yang merupakan salah satu dewan juri Anugerah Desa Wisata Indonesia untuk mengasah kemampuan masyarakat dalam menjadikan desa wisata yang berada di kawasan Geopark lebih tertata lagi.

"Pemateri yang kami undang kami harap dapat meningkatkan lagi kemampuan masyarakat agar lebih fokus lagi dalam mengembangkan wilayahnya, makanya kami undang memang praktisi seperti dewan juri ADWI 2023 kemarin," ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Vokasi Unhas, Prof. Muh Restu melalui perjanjian kerjasama yang dilaksanakan bersama Pemerintah Kabupaten Maros mengungkapkan jika programnya itu bertujuan untuk melakukan penguatan kelompok usaha yang berada di kawasan karst rammang-rammang.

"Kami selaku pelaksana program Kedaireka menyediakan fasilitas dukungan sarana prasarana dalam kegiatan penguatan kelompok usaha pariwisata, yang dimana penganggarannya itu dari dua pihak," bebernya. (*)

  • Bagikan