HUT TNI ke-78, Kodim 1405 Parepare Bersuka Cita dalam Sinergi untuk Negeri

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Tentara Nasional Idonesia (TNI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 tahun dengan upacara serentak diseluruh wilayah Indonesia. Tidak terkecuali diwilayah Komando Distrik Militer (Kodim) 1405/Parepare.

Moment sakral yang dipimpin oleh Komandan Kodim (Dandim) 1405/Parepare, Letkol Inf Hastiar Hatta, dihadiri Wali Kota Parepare, Dr. Taufan Pawe, Bupati Barru yang diwakili Sekda dan jajarannya, Kapolres Parepare, Akbp. Arman Muis, Komandan Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Ramli, Komadan Brigif 11/BS, Ketua Pengadilan Negeri dan Kepala Kejaksaan Negeri Parepare, juga Forkopimda dan SKPD wilayah Kota Parepare dan  Kabupaten Barru, serta rarusan udangan yang turut memeriahkan HUT TNI.

Kegiatan berlangsung hikmat dan penuh kebahagiaan, digelar di Makodim 1405/Parepare, pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Dandim 1405/Parepare, Letkol Inf Hastiar Hatta, mengatakan, momen tersebut, merupakan wujud suka cita TNI untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), terhadap pengabdian selama puluhan tahun untuk terus dan akan tetap menjaga keutuhan dan pertahanan bangsa.

"Seperti di Kota Parepare dan Barru yang menjadi wilayah kami, dengan ketulusan dan rasa tanggung jawab tinggi, kami dari Kodim diusia TNI ke 78 ini, kami akan berupaya meningkatkan segala hal untuk terus menjaga dan mengamankan wilayah, termasuk rasa cinta kepada masyarakat,"katanya.

Dia menambahkan, kolaborasi dan sinergi yang telah erat terjalin antara TNI, Polri maupun Pemerintah setempat, menjadi salah satu kunci dalam mewujudkan kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat ditiap wilayah.

Sebab, masyarakat dan negara adalah bentuk cinta paling nyata, dalam sebuah pengabdian seorang prajurit TNI. Sehingga, apa pun bentuk ancaman dan ketidak amanan suatu wilayah. TNI mesti siap dan sedia, untuk selalu hadir dalam memberikan perlindungan kepada bangsa dan rakyatnya.

"Kita memang harus selalu sedia melayani masyarakat. Kesulitan-kesulitan yang terjadi didaerah ini memang mesti ditangangi dengan serius. Karena masyarakat tidak penah main-main jika telah percaya kepada kita. Sehingga, keseriusan itu terbukti dari Kolaborasi Kodim da Polres maupun pemerintah daerah untuk terus memberikan yang terbaik untuk rakyat,"pungkasnya.

Dia berharap, diusia TNI ke 78 tahun itu, kualitas mereka semakin terasah dengan baik. Dalam memahami, dan merealisasikan fungsi dan tugas TNI dalam menjaga keutuhan NKRI.

Sementara, Wali Kota Parepare, Dr. Taufan Pawe, mengaku bangga dan mengapresiasi eksistensi dan segala bentuk kineja yang telah dilakukan TNI khusunya Kodim 1405/Parepare, dalam menjaga dan menciptakan rasa aman di Kota Cinta.

"TNI telah mengambil peran penting, dalam membantu pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat. Seperti yang dilakukan Kodim 1405/ Parepare selama ini, saya sangat bangga atas hadirnya satuan TNI didaerah kita," katanya dalam sambutannya.

Wali Kota dua periode itu, membeberkan, salah satu wujud peran TNI yang dipersembahkan untuk masyarakat Parepare ialah, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Program yang dikolaborasikan bersama Pemerintah Daerah itu, selalu mampu menitipkan hasil luar biasa dan manfaat baik untuk masyarakat Kota Parepare, hingga kini.

"Disinilah kita dapat melihat, bahwa keberadaan prajurit TNI tidak akan pernah diam untuk memupuk kemanunggalannya dengan rakyat. Karena hal itulah, sejak dulu dan sekarang rakyat merasa memiliki dan terlindungi oleh hadirnya TNI. Terima kasih prajurit TNI selalu memberikan yang terbaik untuk negeri dan kota Parepare,"tandasnya. (hes)

  • Bagikan