Refleksi Setahun Kepengurusan, Baznas Parepare Telah Bekerja dengan Baik

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Parepare, menggelar syukuran dan refleksi atau merenungkan kembali kinerja setahun silam pengelolaan zakat untuk masyarakat.

Kegiatan yang dibalut dalam konsep sederhana itu, dipusatkan di lantai dua, Kantor Baznas, Kota Parepare, pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Ketua Baznas Parepare, Saiful Amir, mengatakan, kegiatan tersebut, digelar sebagai bentuk syukuran atas setahun kepengurusan Baznas, dari periode 2022 hingga 2027 mendatang.

Sekaligus, perhelatan itu menjadi, momentum untuk mengevaluasi hal-hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan, dalam upaya mewujudkan tugas dan fungsi Baznas agar jauh lebih baik, untuk beberapa tahun kedepan.

"Refleksi itu sebenanrnya untuk mengukur sejauh mana keberhasilan yang telah dilakukan Baznas Kota Parepare, dan mendiskusikan letak kekurangan kita agar kedepannya lebih diperbaiki,"katanya.

Setahun ini, kata Saiful, dari data statisik mereka menerengkan bahwa, kinerja yang diberikan dan dilakukan sejauh ini cukup mendapati hasil yang memuaskan.

"Seperti pemasukan zakatnya, alhamdulillah Baznas memperoleh itu dari berbagai sumber, ada pemkot, skpd dan masyarakat. Baik itu zakat neraca maupun non neraca. Jika ditotalkan angkanya sudah menghampiri 1 Miliyar,"ujarnya.

Selain dari segi pendapatan dan pengelolaan Zakat yang terus meningkat, pihaknya juga memaksimalkan segi pendistribusian untuk masyarakat.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut, dirangkaikan dengan penyerahan beberapa bantuan untuk masyarakat. Seperti, bantuan Z-Bakso, bantuan untuk  penyandang disabilitas yang terdiri dari 26 orang, kemudian penyerahan beasiswa cendikia untuk beberapa mahasiswa, dan modal untuk usaha pakaian atau Z-fashion.

"Semoga bantuan-bantuan tersebut, dapat memberikan manfaat untuk mereka yang menerimanya,"ujarnya.

Sementara, salah seorang penerima bantuan paket Z-Bakso, Suriyani, mengaku bersyukur dengan modal yang diberikan pihak Baznas Parepare untuknya.

Diketahui, Suriyani merupakan salah seorang warga Parepare yang belum lama ini tertimpa musibah, yang menjadikan ia kehilangan pekerjaannya.

Sehingga, hal itu segera direspond pihak Baznas untuk dapat menuai solusi agar mampu mebantu salah seorng warga Parepare itu.

"Syukur alhamdulillah, saya curahkan kepada Allah atas bantuan yang diberikan melalui Baznas Parepare. Insyaa Allah bantuan ini akan saya manfaatkan dengan sebaik mungkin,"pungkas Suriyani. (hes)

  • Bagikan