Suardi Saleh Lantik Pengurus GenRe

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si secara resmi melantik pengurus GenRe Cabang Barru Periode 2023-2025 dan menghadiri pelantikan Kakak GenRe Kab.Barru oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan di Baruga Singkerru Adae Rumah Jabatan Bupati Barru, Sabtu 28/10/2023.

Pelantikan Pengurus yang dirangkaikan dengan Jambore Genre dan pengukuhan Teguh Iswara Suardi sebagai Kakak GenRe Kab Barru.

Keberadaan Forum GenRe Lanakka Barru katanya, diharapkan dapat menekan permasalahan remaja, baik itu pernikahan dini, seks pranikah maupun nafza.

"Anak muda terutama generasi milenial dan Gen Z harus tampil mengambil peran menangkal permasalah remaja. Dan Forum GenRe diharapkan menjadi wadah kreatifitas dan aspiratif kaum remaja", harap Bupati.

Bupati Barru menyampaikan pujian atas keberadaan Forum GenRe Lanakka Kab Barru yang tahun lalu berhasil meraih Juara II Pemilihan Duta Genre Tingkat Nasional di Jakarta.

"Tahun ini Forum GenRe Barru kembali mengirim Duta Genre untuk mewakili Sulawesi Selatan pada ajang pemilihan Duta GenRe Tingkat Nasonal di Semarang. Kita doakan semoga berhasil meraih juara pertama", harap Bupati yang diamin kan ratusan pengurus Genre se Kab Barru.

Lebih lanjut Bupati mengajak pengurus Genre bersama Duta Genre desa/kelurahan se Kab Barru untuk bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menekan dan manurunkan angka stunting.

Dikatakan, Prevalensi Stunting ditargetkan Pemerintah Pusat 14 % pada tahun 2024. Sementara Kab Barru pada tahun 2021 masih berada pada angka 26,4%. Namun berkat upaya dan kerja kerja kolaboratif semua pemangku kepentingan termasuk peran GenRe,maka angka prevalensi Stunting tahun 2022 dapat kita turunkan menjadi 14,1. %.

Sebelumnya Bunda Genre Kab Barru drg. Hj. Hasnah Syam MARS yang juga Anggota DPR. RI Komisi IX menegaskan, salah satu misi dari Program GenRe adalah pendewasaan usia perkawinan.

Hal ini lanjut Hasnah Syam sangat relevan dengan pencegahan stunting dari hulu karena usia saat menikah dan hamil menjadi salah satu faktor risiko yang dapat melahirkan anak stunting.

"Saya berharap Forum Genre menjadi pelopor pendewasaan usia perkawinan mengingat makin muda usia ibu saat hamil dan melahirkan makin berisiko dan berpotensi melahirkan anak stunting", katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Prov Sulsel Sodiqin mengatakan, Kakak Genre adalah seorang motivator sekaligus sebagai inspirator yang diharapkan menjadi pioner pemerintah, khususnya dalam pemberdayaan generasi muda sebagai generasi berencana.

"Berdasarkan penilaian Deputi BKKBN Pusat, Teguh Iswara Suardi sangat layak untuk dinobatkan menjadi Kakak Genre Kabupaten Barru",katanya.

Kaper BKKBN optomis amanah itu mampu diemban oleh Teguh Iswara apalagi Kab Barru sudah 100 % terbentuk Duta Genre hingga desa/kelurahan dan ini merupakan capaian luar biasa.

Sementara, Teguh Iswara Suardi dalam sambutan pengukuhannya bertekad akan mengemban amanah itu sebaik baiknya yang mana salah satu tugas berat kakak Genre adalah membentengi remaja kita dari bahaya pergaulan bebas dan napza.

Menurut Teguh, salah satu tugas Kakak Genre adalah bagaimana membimbing para remaja kita mempersiapkan diri menyonsong Indonesia Emas 2045.

Namun lanjut Teguh, bagaimana mungkin kita mencapai Indonesia Emas dengan bonus demografi ketika remaja remaja kita masih memiliki banyak masalah dan tidak memiliki kualitas seperti yang diharapkan.

Disinilah katanya peran Kakak Genre sebagai motivator dan inspirator membimbing remaja kita merencanakan masa depannya, karena masa depan adalah apa yang kita rencanakan hari ini.

Turut hadir dalam acara ini Anggota DPR RI Komisi IX yang juga Ketua TP. PKK Kab Barru. drg. Hj. Hasnah Syam MARS. Kepala Perwakilan BKKBN Sulsel Sadiqin, SH. MM,Kadis PMD, PPKB, PPPA Jamaluddin S.Sos. MH, Pengurus Cabang Genre Kab Barru dan Duta Genre Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan se Kab Barru.(Humas Ikp)

  • Bagikan