Bupati Barru Tandatangani NPHD Untuk Pilkada

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si mengatakan, Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) merupakan bukti dukungan Pemerintah Kabupaten Barru terhadap pelaksanaan Pilkada karena tanggung jawab pelaksanaan Pilkada bukan hanya kewajiban KPU dan Bawaslu tapi merupakan tanggungjawab bersama.

Bupati Barru, mengemukakan hal itu saat melakukan penandatanganan NPHD bersama Dandim 1405 Parepare,Kapolres Barru,Ketua KPU Barru dan Ketua Bawaslu Barru di ruang rapat Bupati lantai 5 Menara Kantor Bupati Barru, Kamis (09/11/2023).

Naskah Perjanjian Hibah Daerah tersebut ditandatangani Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh. M. Si,Kapolres Barru AKBP. Dodik Susianto, S. IK, Dandim 1405 Parepare Letkol Inf. Hastiar Hatta S.IP,Ketua KPU Abd. Syafah, S. Kom, Ketua Bawaslu diwakili Koordinator Hukum, Pencegahan dan Partisipasi Mastan, S.Pd.I.

Bupati Suardi Saleh mengatakan dengan ditandatanganinya NPHD ini merupakan komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Barru dalam mewujudkan pelaksanaan Pilkada sehingga dapat diselenggarakan sesuai dengan tahapan yang ditetapkan KPU Kabupaten Barru.

"Kami berharap sinergitas antara Pemerintah Kabupaten dan penyelenggara Pemilu dan Pilkada tetap terpelihara dengan baik, sehingga semua tahapan Pilkada berjalan lancar, mudah mudahan anggaran yang disiapkan dapat membantu agar lebih lancar lagi termasuk kebutuhan logistiknya",harap Bupati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, bahwa porsi bantuan untuk Pilkada sudah dianggarkan melalui APBD, baik untuk KPU maupun Bawaslu Kabupaten Barru. Tentu katanya, Pilkada diharapkan terlaksana sesuai tahapannya agar tercipta iklim demokratis yang kondusif.

Dana Hibah yang telah dianggarkan dalam APBD Tahun 2023 dan 2024,
"Anggaran tersebut akan dipergunakan sesuai dengan perjanjian naskah hibah daerah yang sudah dicantumkan di antaranya untuk kegiatan sosialisasi pengawasan, pendidikan pemilih pemula, dan edukasi lain baik untuk masyarakat maupun stakeholder", jelasnya.

Dirinya berharap Pilkada dan Pemilu Tahun 2024 dapat terselenggara dengan baik serta kerjasama, sinergitas dan kolaborasi seluruh elemen untuk menyukseskan Pilkada dan Pemilu yang bersih, jujur dan adil dapat terjalin dengan baik.

"Semoga partisipasi di Pilkada serentak 2024 nanti akan meningkat dan terlaksana dengan aman dan damai", tutup Bupati.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kab. Barru Lukman T, Kajari Barru diwakili Kasi Intel Ahmad Syauki, SH, MH, Pengadilan Negeri Barru diwakili Panitera Abbas Lahamid, SH, Kaban Kesbangpol Drs. Anshar Tahir, Kepala BPKAD Abu Bakar, S.Sos, M. Si, Inspektur Kab.Barru Abd. Rahim S.STP, M.Si,Asisten II A.Ratnawati, Asisten III drh. H. Ma'ruf SKH,Kadis Dukcapil Drs. Nasaruddin M. Si,Kepala BKPSDM Syamsir S.IP,M.Si. (mad)

  • Bagikan