Hadirkan Peraih Satya Lencana Pariwisata, Kemenparekraf RI dan Disparpora Maros Laksanakan Penguatan Jejaring

  • Bagikan
Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Maros bersama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melaksanakan kegiatan Penguatan Jejaring Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Desa Wisata Kawasan Geopark Maros Pangkep di Grand Mall Batangase, Kamis 23 November 2023.

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Maros bersama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia melaksanakan kegiatan Penguatan Jejaring Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Desa Wisata Kawasan Geopark Maros Pangkep.

Kegiatan yang diikuti Kelompok Sadar Wisata dan pengelola Desa Wisata itu dilaksanakan oleh Direktorat Pengembangan Destinasi II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI di Grand Mall Batangase, Maros, Kamis 23 November 2023.

Ketua Tim Kerja Jejaring Direktorat Pengembangan Destinasi II Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Asih Gunarti, pada sambutannya mengatakan jika kegiatan yang menghadirkan praktisi terbaik desa wisata bertujuan tidak lain untuk meningkatkan perekonomian yang berada di Kawasan Geopark Maros Pangkep.

"Dalam kesempatan baik ini kami berharap dan kami menghadirkan khusus narasumber yang akan menyampaikan berbagai isu, mudah mudahan ini akan membuat kita semakin semangat. Kami hadirkan praktisi terbaik dari desa wisata Nglanggeran Jogja yang juga memiliki geowisata," jelasnya.

Asih melanjutkan, dimana dengan dihadirkannya praktisi terbaik penerima tanda kehormatan Satyalancana Kepariwisataan dari Presiden Joko Widodo itu diharapkan lahirnya diskusi yang solutif dalam pengelolaan desa wisata.

"Kami berharap nanti muncul diskusi dan menemukenali serta menggali potensi jejaring ekonomi yang ada di desa wisata yang bapak ibu kelola dengan harapan dapat meningkatkan kualitas destinasi, meningkatkan jumlah kunjungan dan meningkatkan lama wisatawan untuk tinggal di suatu destinasi," ujarnya.

"Makanya kita hadirkan pak Sugeng, jadi nanti beliau akan bicara panjang lebar tentang betapa pariwisata itu mampu meningkatkan perekonomian daerah tapi harus ada tata kelola yang baik," ungkap Asih.

Kegiatan itu sendiri dihadiri langsung Kabid Pengembangan Sumberdaya Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Takdir H. Wata.

Kabid Pariwisata Disparpora Maros, Ibu Rahmatiah, Kabid Pariwisata Disparpora Pangkep, Bapak Irvan Alyafie dan juga Ibu Inasritaty Putri, Koordinator Pemberdayaan Masyarakat BP Geopark Maros Pangkep. (*)

  • Bagikan