Ratusan Peserta Didik SMPN 3 Parepare Ikut PAS, Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) SMPN 3 Kota Parepare melaksanakan penilaian akhir semester (PAS) berbasis kertas dan pensil selama sepekan, mulai Senin-Sabtu, 11-16 Desember 2023.

Bertujuan, untuk mengevaluasi dan mengukur kompetensi ratusan peserta didiknya dalam berbagai mata pelajaran.

Kepala UPTD SMPN 3 Kota Parepare Zainal Abidin, mengatakan kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Menurutnya, PAS berbasis kertas dan pensil memberikan gambaran yang akurat mengenai pemahaman dan penguasaan materi oleh peserta didik.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pendidikan di SMPN 3 Kota Parepare," kata Zainal Abidin yang dihubungi Rabu, 13 Desember 2023.

Dia menjelaskan, hasil PAS ini nantinya akan menjadi acuan bagi guru-guru dalam memberikan pembelajaran tambahan dan dukungan kepada peserta didiknya.

Selain itu, kata Zainal Abidin, hasil ini juga dapat menjadi evaluasi bagi pihak sekolah untuk menyusun program pembelajaran yang lebih efektif di masa mendatang.

"Semoga pelaksanaan PAS ini dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah," jelasnya.

Dia mengungkapkan, alasan sekolah menggelar PAS berbasis kertas dan pensil, dikarenakan masih ada beberapa peserta didiknya yang masih belum memiliki ponsel.

Sementara itu, Wakil Kepala bidang kesiswaan UPTD SMPN 3 Kota Parepare, Amiruddin menjelaskan, PAS ini bakal berlangsung selama sepekan, mulai Senin-Sabtu, 11-16 Desember 2023.

"Ada 678 orang anak didik kami yang mengikuti ujian tersebut. Kami berharap penilaian akhir semester ini dapat berjalan dengan lancar," jelasnya.

Dia mengungkapkan, selama proses PAS tersebut, peserta didik terlibat dalam ujian yang dirancang untuk mencakup materi pembelajaran selama satu semester.

“Proses penilaian dilaksanakan dengan ketat dan profesional oleh para pengawas ujian yang telah ditunjuk sekolah,” tandasnya.(has)

  • Bagikan