SHIAM Berbenah, GM Taochid Maksimalkan Fasilitas Jelang Nataru

  • Bagikan
GM PT. Angkasa Pura 1 Cabang SHIAM saat memberikan keterangan persiapan Posko Nataru di Dalton Hotel Makassar. (Teguh/Parepos.fajar.co.id)

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Management PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin mulai memaksimalkan persiapan posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) Tahun 2023.

Hal itu diungkapkan langsung General Manager (GM) PT. Angkasa Pura I Cabang Sultan Hasanuddin International Airport Maros (SHIAM), Taochid Purnomo Hadi saat menggelar Media Gathering di Urban Lounge, Dalton Hotel Makassar. Rabu 14 Desember 2023.

Menurutnya, pihaknya sendiri akan melakukan pembukaan posko nataru di SHIAM akan dibuka pada 19 desember 2023 mendatang. Sementara rencananya posko akan beroperasi sampai tanggal 3 januari 2024.

Selama posko nataru dilaksanakan, pihaknya sendiri akan di backup sebanyak 600 personel, yang terdiri dari TNI, Polisi Satpol PP, (Aviation Security) Avsec dan bagian teknisi lainnya.

"Setidaknya kita akan didukung oleh 600 orang yang terlibat. Mereka akan bekerja secara bergantian," jelas Taochid yang belum lama menjabat sebagai GM AP 1 SHIAM.

Tak hanya itu saja, sekitar untuk 40 counter check in dioperasikan. Serta penambahan kios check in di sekitar wilayah bandara.

"Hal ini untuk mempermudah calon penumpang untuk check in bagi yang tak memiliki bagasi boleh melakukan check in di kios yang telah disediakan. Sementara untuk pembukaan seluruh counter untuk mengurai antrian pada saat melakukan check in," tuturnya.

Taouchid menjelaskan, di arus mudik natal kali ini, pihaknya memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 23 Desember 2023 dengan jumlah penumpang sekitar 33.281 orang. "Sementara Prediksi puncak arus balik akan terjadi pada 3 Januari 2024 dengan jumlah penumpang sekitar 29.424 orang," ungkapnya.

Untuk menghindari keluhan calon penumpang pesawat terkait minimnya trolley, Dia mengungkapkan, sudah ada sekitar 100 troli yang telah diperbaiki. Sementara kapasitas troli yang ada mencapai 1.500 lebih.

"Kalau troli sebenarnya kita punya banyak. Tapi mungkin manajemen pengelolaan dan penggunaan troli ini yang kurang bagus. Makanya kedepannya kita akan menyiapkan petugas khusus untuk mengawasi jumlah troli, sehingga tidak terjadi kekosongan," jelasnya

Sekedar diketahui, tahun lalu, puncak arus mudik Nataru pada 23 Desember 2022 berjumlah sekitar 32.692 orang penumpang. Sementara untuk arus balik Nataru pada 3 Januari 2023 berjumlah 29.189 orang penumpang. (*)

  • Bagikan