Tingkatkan Pemahaman Terhadap Ajaran Agama, Literasi Al-Qur’an di SMPN 5 Menjadi Landasan Kesuksesan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Literasi Al-Qur'an di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) SMPN 5 Parepare berhasil terselenggara dengan baik pada penghujung semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024. Kegiatan itu, berlangsung di pelataran sekolah, Sabtu 9 Desember 2023.

Tampak, peserta didik UPTD SMPN 5 Parepare dengan penuh semangat menyambut pemahaman mendalam tentang hari pembalasan tersebut.

Bahkan, selama kegiatan ini tidak hanya peserta didik, namun juga guru-guru di UPTD SMPN 5 Parepare memberikan dukungan penuh dalam kegiatan literasi Al-Qur'an itu.

Mereka berperan sebagai fasilitator yang membantu peserta didik dalam pemahaman dan pengamalan Al-Qur'an.

Kepala SMPN 5 Kota Parepare Sudalto menceritakan, semangat dan keinginan untuk menjadi anak yang saleh, hafiz, dan menjalankan sunah tampak jelas dari peserta didiknya saat mengikuti literasi Al-Qur'an itu.

"Alhamdulillah hari ini (Sabtu, red) Literasi Al-Qur'an dipenghujung semester ganjil tahun pelajaran 2023-2024 dapat terlaksana," katanya.

Menurutnya, dengan literasi ini peserta didiknya dapat menyadari betapa pentingnya memperkuat agama dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan melalui kegiatan ini, keberkahan senantiasa menyertai langkah-langkah mereka, baik di dunia maupun di akhirat.

"Dengan kegiatan ini, peserta didik kami dapat menjadi anak yang saleh hafiz dan sunah, kuat agamanya serta berkah hidupnya di dunia dan akhirat," harapnya.

Selain itu, kata dia, peserta didik SMPN 5 Parepare dapat terus menapaki jalan kebaikan, menjadi generasi penerus yang berakhlak mulia, dan meraih
kebahagiaan di dunia dan akhirat.

"Semoga literasi Al-Qur'an ini tidak
hanya menjadi momentum sekolah, tetapi juga menjadi landasan kokoh dalam memandu langkah mereka menuju kesuksesan spiritual dan material," jelasnya.

Dia mengakui, selama semester ganjil ini, peserta didiknya telah mengikuti berbagai kegiatan literasi Al-Qur'an. Yakni, penghapalan ayat-ayat Al-Qur'an, pemahaman makna Al-Qur'an, dan implementasi nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, yang digelar setiap Sabtu pagi," ungkapnya.

Sudalto menjelaskan, hasil dari kegiatan literasi Al-Qur'an ini terlihat melalui peningkatan pemahaman peserta didik terhadap ajaran agama.

Diharapkan, mereka semakin mampu mengaplikasikan nilai-nilai Al-Qur'an dalam segala aspek kehidupan, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

"Keberhasilan literasi Al-Qur'an ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh stakeholder, termasuk komite sekolah, orang tua atau wali peserta didik, dan masyarakat sekitar," tandasnya.(has)

  • Bagikan