Bupati Andi Syukri Pantau Logistik Pemilu di Majene

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Seiring berjalannya waktu penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kini telah memasuki tahapan kampanye.

Untuk mewujudkan Pemilu Damai, Bupati Majene Andi Achmad Syukri bersama Forkopimda Kabupaten Majene melakukan pantauan tentang kondisi logistik Pemilu 2024.

"Selain memantau kondisi logistik, juga mengecek proses sortir dan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU Majene," ujar Andi Syukri, kemarin.

Ia menjelaskan, pemantauan yang dilakukan itu, untuk memastikan persiapan menuju Pemilu 2024, mulai dari tahapan logistik dan pengiriman surat suara Pilpres, DPR-RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten telah terlaksana dengan baik.

"Sejak kemarin dilakukan proses pelipatan surat suara DPD, dan kegiatan pemantauan bersama Forkopimda Majene untuk memastikan kesiapan KPU Majene baik logistik maupun proses lainnya sesuai tahapan yang dijadwalkan," urai Andi Syukri.

Ia berharap, kesiapan KPU Majene yang matang dapat meningkatkan motivasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya secara aman tanpa kendala apapun.

"Hadir dalam pelipatan kertas surat suara, yakni pihak Bawaslu dan pihak kepolisian untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun ini," sebutnya.

Ketua KPU Majene Munawir menyatakan, semua logistik Pemilu termasuk formulir telah terkirim dengan baik. 

“Gudang logistik dinyatakan aman, dan setiap tahapan Pemilu tetap berjalan dengan baik," akunya.

Dijelaskan, penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024, melibatkan 170 warga dan diperkirakan berlangsung 3 sampai 4 hari. 

"Jumlah surat suara yang disortir dan dilipat mencapai 640 ribu lembar, dengan rincian 127.193 lembar untuk Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten," rincinya.

Dalam penyortiran lanjutnya, terdapat sejumlah surat suara Pilpres mengalami kerusakan atau robek, sehingga nantinya akan melakukan rekap jumlah surat suara rusak untuk dilaporkan ke KPU Sulbar dan KPU-RI untuk dilakukan penggantian.

"Terkait kendala kekurangan dan kerusakan surat suara, KPU sudah melakukan koordinasi untuk melakukan penambahan dan penggantian surat suara. Dan kami memintakan pengganti surat suara ke percetakan secepatnya, dan proses administrasinya akan kami kejar agar cepat selesai," tandasnya. (edy)

  • Bagikan