Kapolres Parepare Bersama Forkopimda Rakor Persiapan Pengamanan Jelang Pencoblosan

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Kepolisian Resor (Polres) Parepare bersama Forkopimda melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) kesiapan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024. Rakor ini, terkait pengamanan jelang pemungutan dan penghitungan suara yang sering disebut tungsura.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Ruang Rapat Lantai 2 Polres Parepare, Jalan Andi Mappatola, Kelurahan Ujung Baru, Kecamatan Soreang, Rabu, 31 Januari 2024

Rakor dipimpin langsung oleh Kapolres Parepare AKBP Arman Muis, dan dihadiri Dandim 1405/Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta, Staf Ahli Pemkot Parepare, Julius Upa, Ketua DPRD Kaharuddin Kadir, Danyon B Pelopor Satbrimobda Sulsel Kompol Ramli, Ketua KPU Muhammad Awal Yanto, sejumlah pimpinan instansi vertikal, tokoh masyarakat dan tokoh agama se-ParePare.

Julius Upa mengatakan, rakor internal dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan jelang pemungutan suara Pemilu 2024 di Parepare.

“Pemerintah Kota mengapresiasi seluruh jajaran Polres Parepare sebagai pengawal keamanan, tetapi juga sebagai mitra yang aktif dalam menjaga ketertiban dan kelancaran pelaksanaan Pemilu di Kota Parepare," katanya.

Dia berharap langkah strategis untuk mengantisipasi dan menanggulangi setiap potensi gangguan keamanan. Keberhasilan pelaksanaan pemilu bukan hanya tanggung jawab Polres, tetapi merupakan hasil kolaborasi seluruh pihak terkait, termasuk masyarakat Parepare.

"Mari kita semua bersatu padu untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai, dan demokratis, dengan semangat gotong royong dan kebersamaan. Kita akan menjaga keutuhan dan kedamaian selama pelaksanaan pemilu. Semoga rapat koordinasi ini menghasilkan langkah-langkah yang efektif dan membawa dampak positif bagi kelancaran pemilu di Parepare,” ucapnya

Sementara itu Kapolres Parepare AKBP Arman Muis mengungkapkan indikator keberhasilan Pemilu 2024. Di antaranya, pemilu dapat terselenggara dengan aman dan kondusif dan partisipan pemilu.

“Perlu adanya antisipasi untuk pemda membuat surat edaran cuti bersama mengingat sebelum pelaksanaan tahap pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 banyak terdapat hari libur, sehingga tingkat partisipan pemilu dapat dipertahankan,” ujarnya

Situasi kamtibmas di wilayah Parepare hingga sampai saat ini masih dalam situasi keadaan aman dan kondusif jelang pemungutan suara pada 14 Februari 2024

“Hingga saat ini relatif aman dan kondusif, namun kami tetap berharap dalam pelaksanaan tugas ke depan, agar kita semua dapat menempatkan diri sebagaimana mestinya sesuai dengan tupoksi masing-masing,” tegas Kapolres.

Kapolres pun mengajak seluruh masyarakat Parepare untuk mendukung kegiatan pelaksanaan mulai dari tahap awal sampai akhir dapat berjalan dengan lancar

“Terkait dengan Pilkada kabupaten/kota juga sudah mulai masuk tahapan perencanaan untuk pelaksanaan, tetapi sekarang kita fokus kepada pemungutan suara Pemilu 2024 dan pendistribusian logistik pemilu," jelasnya.

Dandim 1405/Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta memastikan bahwa TNI dalam penyelenggaran Pemilu tahun 2024 siap berkolaborasi dengan seluruh instansi dan stakeholder, sehingga terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

“Perlu diketahui bersama bahwa pada saat ini kita memerlukan pemeriksaan kesehatan gratis,” Ucapnya

Terkait masalah kesehatan, Dandim meminta agar perlunya, menyiagakan petugas medis pada hari pencoblosan sampai selesai penghitungan suara nanti untuk memastikan kesehatan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

"Komposisi kekuatan TNI sejauh ini belum ada BKO, namun apabila diperlukan akan kami sampaikan kepada satuan tingkat atas," tandas Dandim. (*)

  • Bagikan