Siswa SDN 47 Parepare Gelar Pameran Kuliner, Upaya Lestarikan Makanan Lokal

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Peserta didik UPTD SDN 47 Kota Parepare menggelar pameran kuliner dari hasil kerajinan mereka yang dibantu para orang tua, di ruang kelas III, Selasa, 23 Januari 2024.

Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak antusiasme peserta didik dan orang tua kelas III mengikuti kegiatan tersebut. Mereka dengan semangat menampilkan berbagai kuliner khas Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam pameran itu.

Melalui pameran tersebut, diharapkan dapat membuka ruang kreativitas para peserta didik untuk berkarya.

Kemudian para murid juga dapat belajar cara membuat kue mulai dari bahan yang diperlukan dan perlengkapan apa saja untuk membuat kue hingga jadi.

Kepala UPTD SDN 47 Kota Parepare Sudirman Manda mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasikan dari Kurikulum 2013 (K 13).

"Harapannya, dengan adanya kegiatan ini, anak-anak kita lebih mencintai dan melestarikan kuliner tradisonal yang lebih sehat," katanya.

Dia menjelaskan, kuliner yang ditampilkan ini merupakan hasil kolaborasi antarpeserta didik dan orang tua. Bahkan, kata dia, setiap kegiatan yang digelar UPTD SDN 47 Kota Parepare, orang tua peserta didik selalu mensupport.

"Saya melihat, apapun kegiatan yang dilakukan oleh sekolah, support luar biasa dari orang tua peserta didik. Mereka, semua bergerak untuk membantu sekolah dalam membuat kegiatan apapun itu," jelasnya.

Wali Kelas III UPTD SDN 47 Parepare Madinah mengungkapkan, pameran kuliner ini dengan menampilkan makanan khas Sulsel. Bertujuan, untuk meningkatkan karakter peserta didik dan tanggung jawab mereka dalam bergotong royong.

"Makanan yang dibuat ini, hasil karya siswa berkoloni dengan orang tua mereka. Melalui pameran ini, yang dinilai adalah tanggung jawab mereka dalam berkelompok," ungkapnya.

Sementara itu, orang tua siswa kelas III Reski Yulianti mengapresiasi pameran tersebut, karena melalui kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi antarorang tua siswa dan terus menjalin kedekatan.

"Kami, menyambut baik kegiatan ini. Karena, melalui pameran ini kita bisa menjalin silahturahmi dengan sesama orang tua siswa," jelasnya.

Senada juga disampaikan, ketiga orang peserta didik kelas III UPTD SDN 47 Kota Parepare, yakni, Sakila Aira Rafiq, Arika, dan Ratu. Mereka, bertiga merasa sangat senang bisa belajar secara langsung membuat kue. (has)

  • Bagikan