Diliburkan Selama Bulan Puasa, Pelajar di Parepare Tetap Ikuti Pesantren Ramadan

  • Bagikan
ilustrasi

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE-- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Parepare telah menetapkan jadwal libur bagi pelajar selama bulan puasa tahun 2024. Meski demikian, peserta didik di Kota Parepare tetap mengikuti kegiatan amaliyah Ramadan. Salah satunya, pesantren ramadan bagi peserta didik SD hingga SMP.

Pesantren ramadan ini dijadwalkan pada Kamis-Selasa, 14 Maret hingga 19 Maret 2024. Itu, untuk memperkuat spiritualitas dan meningkatkan kualitas keimanan para peserta didik.

Kepala Bidag (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Kota Parepare Jumiati menyebut bahwa momen libur ramadan ini, dapat dimanfaatkan seluruh sekolah untuk melaksanakan kegiatan yang dapat menumbuhkan nilai nilai religius bagi peserta didik seperti pesantren ramadan, sehingga proses pendidikan tetap berjalan dan bermanfaat.

"Pesantren kilat SD akan diikuti kelas 4,5,6 dan SMP seluruh siswa 7,8,9. Jadwalnya tanggal 14 -19 Maret 2024," katanya.

Ia menjelaskan, setelah mengikuti pesantren ramadan peserta didik bakal libur pada tanggal 20 Maret hingga 15 April 2024.

Ia mengatakan, untuk pesantren kilat ini menjadi inisiatif positif untuk memanfaatkan libur Ramadan selama hampir sepekan secara produktif.

"Ada berbagai kegiatan yang dirancang khusus, sehingga peserta didik dapat mendalami nilai-nilai keagamaan dan memperkaya pemahaman mereka," jelasnya.

Ia menambahkan, pesantren ramadan bukan hanya menjadi tempat pembelajaran, tetapi juga wadah untuk membangun kebersamaan antar peserta didik.

"Melalui kegiatan bersama, diharapkan peserta dapat saling mendukung dan memperkuat ikatan keagamaan di antara mereka," tandasnya. (has)

  • Bagikan