Kerja Bakti Kerukunan, Eratkan Silaturahmi Antarumat Beragama

  • Bagikan
Jajaran Kemenag Majene menggelar kerja bakti kerukunan di Lingkungan Talumung. (ardedy/parepos)

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bergotong-royong dalam membersihkan lingkungan, selain mempererat tali persaudaraan juga menciptakan kerukunan yang terlibat di dalamnya.

Lingkungan yang menjaga kebersihan dapat menumbuhkan empati dalam diri setiap orang, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan kerja bakti akan terdorong untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya.

Bentuk tanggung jawab ini bisa dilakukan dengan menaati aturan buang sampah dan mulai mencoba memilah sampah sebelum dibuang.

Tujuan kerja bakti ini, juga digelar jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majene dalam rangka menyukseskan program Kampung Moderasi Beragama melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Majene, kemarin.

"Kerja Bakti Kerukunan dilaksanakan di Lingkungan Talumung Kelurahan Tande Kecamatan Banggae Timur dengan titik kumpul depan Kompleks Lino Maloga," terang H. Hasyim Seksi Bimas Islam Kemenag Majene.

Ia mengatakan, bahwa terdapat 3 poin utama dalam pelaksanaan kerja bakti kerukunan di Kampung Moderasi Beragama. Pertama menciptakan kejasama diantara penganut agama dalam melaksanakan moderasi beragama.

"Kedua mencairkan suasana pasca Pemilu Presiden dan Legislatif untuk kembali pada persatuan dan persaudaraan serta dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadan," ujarnya.

Kesempatan sama, Kasubag TU Kemenag Majene H. Darmawan mengatakan, kegiatan kerja bakti kerukunan memberi gambaran contoh konkret bagaimana perbedaan keyakinan dapat menyatu dalam aksi nyata demi kebaikan bersama.

"Kegiatan ini bukan hanya datang membersihkan saja, namun sebuah langkah mempererat persaudaraan antar umat beragama. Semangat moderasi beragama ini tidak hanya sebuah kata-kata namun merupakan langkah nyata dalam mewujudkan kedamaian dan persaudaraan antar agama," terangnya.

Ia juga merasa senang dapat berkolaborasi dengan perangkat kelurahan setempat dan berharap agar kegiatan kerja bakti kerukunan terus dilakukan diberbagai tempat lainnya.

Hadir dalam kegiatan para Kepala Seksi dan Penyelenggara Kantor Kemenag Majene, ASN dan Non-ASN Kemenag Majene, ASN dan Non-ASN KUA Kecamatan Banggae Timur, Camat Banggae Timur, Lurah Tande Timur, para Kepala Lingkungan, penganut agama diantaranya Kristen Protestan, Mahasiswa KKN, serta warga setempat. (edy)

  • Bagikan