Tingkat Kolesterol Normal Berdasarkan Jenis Kelamin dan Usia

  • Bagikan

Sebenarnya tubuh setiap orang khususnya dewasa membutuhkan kolesterol namun dengan kadar normal. Kolesterol normal dapat diketahui dengan melakukan skrining secara rutin guna mengurangi risiko terjadinya penyakit.

Untuk mengetahui informasi secara lengkap dan mudah bisa mengkonsultasikan dengan dokter melalui online. Cara melakukannya dengan menggunakan aplikasi yang kamu dapatkan secara mudah, download disini

1. Kolesterol normal bagi usia dewasa

Journal of the American College of Cardiology atau JACC menyebutkan seberapa banyak kadar kolesterol pada darah untuk orang dewasa. Kadar kolesterol bagi orang dewasa secara normal kurang lebih 200 mg/dl dengan batasan tinggi totak kolesterolnya 200 sampai 239 mg/dl.

Sedangkan bagi kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dl dan jika kadarnya lebih dari angka tersebut maka kemungkinan memberikan risiko penyakit jantung. Angka 130 sampai 159 mg/dl merupakan batasan tinggi dan untuk kategori sangat tinggi di atas 190 mg/dl.

2. Kolesterol normal pria dan wanita berdasarkan usia

Kadar kolesterol cenderung akan meningkat dengan bertambahnya usia serta jenis kelamin yang berbeda. Bagi pria cenderung mempunyai kadar kolesterol yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan para wanita.

Sementara itu untuk kadar kolesterol normal wanita akan meningkat setelah memasuki masa menopause. Kadar kolesterol sendiri diukur menjadi 3 kategori yakni LDL, HDL dan juga kolesterol total.

1. Kadar kolesterol pria usia di bawah 19 tahun

Kadar kolesterol normalnya yaitu dengan total kolesterol kurang dari 170 mg/dl, kurang 110 mg/dl, dan lebih dari 45 mg/dl. Sementara itu untuk kadar kolesterol tingginya yakni sama dengan 200 mg/dl, LDL lebih besar ataupun sama dengan 130 mg/dl.

2. Kadar kolesterol pria usia di atas 20 tahun

Kadar kolesterol untuk normalnya dengan total kolesterol 125 sampai 200 mg/dl. LDL kurang dari 100 mg/dl dengan HDL lebih dari angka 40 mg/dl. Sementara itu untuk kadar kolesterol tingginya yaitu total kolesterol lebih besar ataupun  sama 239 mg/dl. LDL dengan nilai 160 sampai 189 mg/dl.

3. Kadar kolesterol wanita di atas 20 tahun

Kadar kolesterol normalnya yaitu total kolesterol dari 125 sampai 200 mg/dl. Sementara LDL yang dimilikinya kurang dari 100 mg/dl dengan HDL 50 mg/dl dan bisa lebih dari ini.

3. Mengetahui kadar kolesterol dengan kontrol rutin

Makin lama seseorang terpapar oleh adanya kolesterol jahat yang ada di dalam darah maka bisa menentukan risiko jantung dan stroke cukup tinggi. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan kontrol rutin untuk mengetahui kadar kolesterol.

Setiap orang dewasa harus melakukan pengecekan kadar kolesterol secara rutin setiap 4 sampai 6 tahun sejak usianya menginjak 20 tahun. Dengan seiring usia bertambah maka angka dari kolesterol akan lebih meningkat dan pemeriksaan bisa dilakukan dengan lamanya 9 sampai 12 jam.

4. Tips menjaga kolesterol tetap stabil

Dalam menjaga kolesterol normal maka perlu menerapkan pola hidup yang sehat. Cara melakukannya cukup mudah asal bisa diterapkan secara rutin.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kadar kolesterol tetap stabil baik untuk pria ataupun wanita:

4. Mengonsumsi makanan dengan kolesterol rendah

Untuk menjaga kolesterol tetap stabil harus mengonsumsi makanan yang tidak mengandung lemak jenuh. Jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh seperti halnya gorengan, produk susu full cream dan juga daging merah.

Dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh maka bisa mengurangi adanya kolesterol LDL. Sehingga bisa memastikan kolesterol tetap stabil dan tidak mengganggu kesehatan.

5. Pilihlah makanan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi

Asam lemak omega 3 tidak menjadi pengaruh bagi kolesterol LDL. Selain itu asam lemak omega 3 akan lebih bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung juga dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah.

Contohnya makanan yang bisa dikonsumsi yakni ikan salmon, ikan herring hingga kenari. Memilih makanan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk menghindari penyakit kronis lainnya.

6. Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi

Makanan yang mengandung serat mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Dalam hal ini harus memilih makanan dengan jenis serat larut.

Serat larut tersebut bisa ditemukan dalam beberapa jenis makanan yakni kacang merah, oatmeal, pir dan apel. Kandungan tinggi serat pada makanan baik dikonsumsi dalam menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

7. Olahraga dengan rutin

Tidak hanya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi saja. Namun sangat penting bagi kamu untuk melakukan olahraga secara rutin dalam meningkatkan kadar HDL.

Kamu dapat melakukan latihan dalam waktu 20 sampai 30 menit untuk gerakan aerobik dengan intensitas sedang dalam 3 kali seminggu. Melakukan aktivitas secara fisik mampu membantu menurunkan berat badan berlebih.

8. Menghindari penggunaan alkohol dan merokok

Tips lain dalam menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil bisa dengan tidak mengonsumsi alkohol dan merokok. Sebab dengan melakukan hal tersebut maka bisa meningkatkan kadar dari kolesterol HBL.

Kolesterol jenis HBL sangat bagus untuk tubuh meskipun nilainya cukup banyak dan tinggi terbilang tinggi. Memulai dengan hidup sehat mampu membawa banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam mencegah kolesterol tinggi.

Demikianlah beberapa daftar kadar kolesterol normal untuk pria dan wanita yang mempunyai angka sangat berbeda dari segi usia. Dalam mengetahui kadar kolesterol dapat dilakukan pengecekan kesehatan secara rutin dan memulai pola hidup sehat untuk menjaga kestabilan kolesterol agar tidak berada di angka tinggi.(*)

 

  • Bagikan