Kartu Debit Mastercard dan Visa Berbeda Dengan GPN

  • Bagikan

Pimpinan Cabang PT Bank Sulselbar, Hazjul

PAREPARE, PAREPOS. CO.ID-- Bank Indonesia (BI) dan perbankan telah meluncurkan gerbang pembayaran nasional (GPN) sejak akhir tahun lalu. GPN adalah sistem pembayaran yang diciptakan oleh BI yang memudahkan mereka yang memiliki kartu Anjungan Tunai Mandiri  (ATM) berlogo sistem bayar itu untuk bertransaksi di mesin Electronic Data Capture (Edc) di mana saja.

Ini artinya semua transaksi dari berbagai bank penerbit kartu kredit dan debit telah terintegrasi ke dalam satu gerbang.

Pimpinan Cabang PT Bank Sulselbar, Hazjul mengatakan, GPN, Mastercard dan visa untuk pengguna kartu Debit, ketiga kartu itu berbeda, GPN itu milik BI yang punya Indonesia yang diciptakan untuk membantu para nasabah yang memiliki ATM untuk dapat menggunakan mesin Edc di Bank mana pun.

Maksudnya ini, kalau dia nasabah Bank Pembangunan Daerah (BPD) mau belanja atau melakukan transaksi dengan menggunakan mesin Edc itu akan difasilitasi, sementara Mascercard dan Visa itu produk dari luar negeri beda dengan GPN yang produk dalam negeri.

"GPN ini hanya bisa digunakan di dalam negeri beda dengan Mastercard dan Visa yang bisa digunakan di luar negeri, tapi mungkin nanti kedepan, Insya Allah GPN bisa digunakan di luar negeri, " kata Hazjul saat ditemui di Bank Sulsebar Kota Parepare, pada Senin 30 Mei 2022.

Dia juga mengatakan, untuk ketiga kartu debit itu tentu ada perbedaan biaya yang dilibatkan kepada nasabah pengguna, untuk biaya Administrasi GPN sendiri berkisar 0,15 persen, sementara menggunakan Mastercard dan Visa 0-1 persen itu di punya biasa administrasinya.

"Kalau pembuatan GPN di kantor kami itu, kita langsung saja membuat perubahan. Jadi teman-teman atau nasabah kami yang belum memiliki chip di ATM nya, kita menghimbau semua karena itu sudah menjadi ketentuan wajib , itu juga sudah membantu nasabah membantu keuangannya dari segi keamanan, "Ujarnya.

Hazjul juga mengatakan, kartu GPN diproses di dalam negeri, sebagian besar biaya yang di tanggung akan lebih murah dibandingkan menggunakan kartu Visa dan Mastercard, yaitu kenyamanan pertama yang akan dirasakan pemegang kartu debit GPN adalah adanya penurunan Merchant Discount Rate (MDR) dari 3% menjadi 1%. Hal ini disebabkan semua data transaksi diproses di dalam negeri.

"Jika sebelumnya biaya transfer beda bank menggunakan kartu berlogo Visa dan Mastercard sebesar Rp 6.500 per transaksi, sekarang menjadi Rp 2.500 – Rp 4.000 dengan adanya GPN, "katanya

Sedangkan, untuk biaya tarik tunai, kata dia, di mesin ATM milik bank yang berbeda turun dari Rp6.500 – Rp7.500 menggunakan kartu debit Visa dan Mastercard menjadi hanya Rp3.500 – Rp4.000.

"Apabila selama ini dengan menggunakan kartu debit berlogo Visa dan Mastercard, nasabah dikenakan biaya transaksi sebesar 2-3 persen oleh masing-masing provider, dengan GPN biaya ini turun menjadi hanya persen, " jelasnya.(has)

  • Bagikan