AMIK Lamappapoleonro Berubah Menjadi STMIK Amika Soppeng

  • Bagikan

SOPPENG, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Lamappapoleonro Soppeng resmi menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Amika Soppeng.

Hal itu terungkap pada acara penyerahan SK Kemendikbudristek RI Nomor: 330/E/O/2022 tentang izin perubahan bentuk Amik Lamappapoleonro Soppeng menjadi STMIK Amika Soppeng, dan penyerahan SK Kemendikbudristek RI tentang alih tugas dari Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan oleh Kepala LLDIKTI IX, Drs Andi Lukman M.Si kepada Dosen LLDIKTI Wilayah IX Dr Burhanuddin S.Pd, M.Pd, di aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Soppeng, Rabu, 1 Juni 2022.

Ketua Umum Yayasan Nabigh Akademik, Prof Dr H Imran Ismail MS mengatakan, perubahan bentuk dari AMIK ke STIMIK AMIKA didasari SK Kemendikbudristek RI Nomor: 330/E/O/2022 tanggal 13 Mei 2022. Pemberian nama Amika dimaksudkan secara historis akrab di kalangan mahasiswa dan masyarakat.

Menurutnya, perkembangan era digital dan kampus merdeka dalam beberapa tahun terakhir membuka lapangan kerja yang sesuai dengan bidang teknologi informasi, bisnis dan informatika. Sehingga kehadiran STIMIK sangat relevan terutama untuk pemerintahan ke depannya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati Soppeng dan LLDIKTI IX yang telah memberikan banyak bantuan dan dukungan khususnya di bidang pendidikan," kata H Imran Ismail.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IX Sultan Batara, Drs Andi Lukman M.Si menyampaikan selamat dan sukses atas perubahan bentuk AMIKA yang merupakan kerja keras dari yayasan, sehingga terbentuk STIMIK AMIKA Soppeng.

Dikatakan, perkembangan suatu daerah tergantung dari pendidikannya. Berdasarkan riset Kabuoaten Soppeng adalah kota pendidikan yang luar biasa karena sudah ada beberapa perguruan tinggi.

Menurut Andi Lukman, pendidikan adalah pemutus rantai kemiskinan karena dengan berpendidikan kita dapat menjadi orang yang baik. Dengan adanya kampus ini dapat menjadi kesempatan besar bagi pemerintah, apalagi pada saat magang kurang lebih 6 bulan mereka dapat membantu pemerintah daerah.

Bupati Soppeng, H Andi Kaswadi Razak mengatakan, dengan adanya perubahan bentuk Amik Lamappapoleonro menjadi STMIK Amika Soppeng tentu pemerintah Daerah sangat mengapresiasi. Olehnya itu, dia mengharapkan keberadaan AMIKA Soppeng ini bisa memaknai bidang pendidikan di Soppeng dan hal ini bisa terjadi sepanjang ada kebersamaan dari kita semua.

Andi Kaswadi mengaku mempunyai cita-cita besar untuk menjadikan Kabupaten Soppeng sebagai Kota pendidikan. Seiring berjalannya waktu tanda-tanda itu sudah mulai terjadi dengan adanya Universitas Lamappapoleonro dan Universitas Hasanuddin yang membuka dua jurusan di Soppeng.

"Insya Allah Universitas Negeri Makassar juga akan masuk serta ada juga beberapa Perguruan Tinggi Swasta juga ingin masuk di Soppeng. Dengan demikian kami melakukan evaluasi tentang bagaimana dampaknya terhadap Kabupaten Soppeng ke depan," ungkap Bupati Soppeng dua periode ini. (wis)

Editor: SYAHRIR HAKIM
  • Bagikan