ITH Terwujud, Taufan Pawe: Jadi Peradaban Baru

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Sebanyak 232 mahasiswa baru (maba) angkatan pertama mengikuti masa pengenalan kehidupan kampus (PKKMB) Tahun Akademik 2022-2023 di Kampus Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITH) Kota Parepare.

Kegiatan yang mengusung tema "ITH Jalanmu Menuju Sukses", itu akan berlangsung selama tiga hari, mulai Kamis hingga Sabtu, 1-3 September 2022.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe pun merespons pelaksanaan PKKMB bagi ratusan maba ITH Parepare angkatan pertama tersebut.

Wali Kota Taufan Pawe mengungkapkan, Kampus ITH kini benar-benar terwujud, ditandai dengan dimulainya PKKMB, yang diikuti sebanyak 232 mahasiswa baru dari berbagai daerah, sejak Kamis, 1 September 2022.

"Alhamdulillah Kampus Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) kini benar-benar terwujud. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita semua," kata Taufan Pawe saat dikutip di akun medsosnya, Jumat, 2 September 2022.

Wali Kota Parepare dua periode ini menegaskan, perjuangan menghadirkan ITH, yang merupakan cita-cita dan keinginan almarhum BJ Habibie akhirnya dapat terwujud.

Wali Kota juga berharap hadirnya ITH menjadi peradaban baru di Kota Parepare. Di mana ITH merupakan satu-satunya institut negeri di luar pulau Jawa. "Kita berharap, kelak kampus ITH ini dapat melahirkan penerus Prof BJ Habibie," harapnya.

Sebelumnya, Rektor ITH Kota Parepare, Prof Ansar Suyuti di hadapan ratusan maba menceritakan ITH berdiri pada 23 Oktober 2014. Itu atas perjuangan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe.

"Pada saat itu, ITH masih sementara untuk memenuhi persyaratan yang disyaratkan oleh negara untuk mendirikan Institut. Hingga akhirnya di tahun ini kita diberikan kesempatan untuk menerima mahasiswa baru. Selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru di kampus ini. Kita patut bangga dan berterima kasih kepada Bapak Wali Kota Parepare Taufan Pawe yang telah menghadirkan ITH, setelah beberapa tahun berjuang merintis hadirnya kampus ini,” ungkap Prof Ansar Suyuti.

Olehnya itu, Prof Ansar Suyuti berharap dari ITH Parepare akan melahirkan Habibie- Habibie baru untuk Indonesia.

“Itulah yang menjadi komitmen dan tekad ITH. Kami sudah bertekad dengan semua teman bahwa itu yang menjadi target kita. Dan tahun depan Insya Allah kita akan menambah dosen kurang lebih 30 orang,” katanya.

ITH Parepare pada tahun pertama menggelar penerimaan mahasiswa baru membuka beberapa jalur seleksi, yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Mandiri, Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan (POSK), Penghafal Al-Qur’an atau Hafiz Qur’an, dan Ujian Online.

Hasilnya, dari 438 pendaftar lewat beberapa jalur seleksi itu, lulus diterima 233 orang. Sementara Program Studi (Prodi) yang dibuka pada tahun pertama ini adalah Matematika, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. (has)

Editor: PAREPOS
  • Bagikan