Monev Pembangunan Triwulan III Parepare, Kinerja Fisik Capai 75% dan Realisasi Keuangan 55%

  • Bagikan

SURABAYA, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota Parepare melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap kegiatan pembangunan yang bersumber dari APBD untuk triwulan III 2022.

Rapat Monev dipimpin langsung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Rabu, 26 Oktober 2022.

Monev turut dihadiri Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim, Sekda Parepare, H Iwan Assad, Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha, jajaran Kepala SKPD dan pejabat terkait lingkup Pemkot Parepare, serta Direktur PAM Tirta Karajae Parepare, Andi Firdaus Djollong.

Dalam Monev terungkap capaian kinerja pelaksanaan kegiatan dan sub kegiatan pembangunan hingga triwulan III 2022 sudah cukup baik yakni mencapai 75,30 persen. Capaian ini lebih tinggi dibanding periode sama pada 2021 yang hanya 75,08 persen.

Sedangkan realisasi keuangan pada triwulan III hingga 17 Oktober 2022 sudah mencapai Rp547 miliar atau sama dengan 55,98 persen dari total APBD Parepare. Realisasi ini lebih tinggi jika dibanding pada 2021 yang pada triwulan III hanya mencapai 52,43 persen dari total belanja APBD.

Jika dibandingkan dengan capaian triwulan II
yakni realisasi fisik 48,31 persen dan realisasi keuangan 27,40 persen, maka pada triwulan III terdapat peningkatan capaian kinerja fisik 26,99 persen, dan realisasi keuangan meningkat 28,58 persen.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe berharap, agar serapan anggaran yang relatif masih rendah ini perlu menjadi fokus perhatian bagi seluruh Kepala SKPD. Agar mempercepat realisasi anggaran pembangunan karena belanja pemerintah sangat berkontribusi besar dalam pemulihan perekonomian daerah pasca pandemi Covid-19, serta menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi daerah. (*/pp)

  • Bagikan