Kanit Intelkam-KPU Majene Lakukan Komunikasi

  • Bagikan

MAJENE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Agenda besar pesta demokrasi, dimulai dari Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) hingga Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 tentu terus diantisipasi dengan baik.

Setiap tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang saat ini sudah berlangsung terus mendapat pengawasan dari pihak kepolisian, sehingga seluruh proses bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Hal ini, dikatakan Kanit Politik Sat Intelkam Polres Majene Ipda Basri saat melakukan komunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majene maupun Partai Politik (Parpol) Calon peserta Pemilu 2024.

"Setelah pendaftaran bakal caleg ditutup, saat ini pihak KPU telah melakukan verifikasi administrasi selama lebih dari satu bulan, yakni 15 Mei hingga 23 Juni 2023," terang Ipda Basri, kemarin.

Di tempat berbeda, Ketua KPU Majene Muhammad Arsalin Aras menjelaskan, terdapat dua kategori untuk penilaian atau penelitian, yang pertama, kebenaran dokumen persyaratan dan kedua keabsahan dokumen persyaratan.

"Untuk pengumuman pengajuan bakal calon dimulai 24 April sampai 30 April 2023, hingga pengajuan bakal calon pada 1 Mei sampai 14 Mei 2023, dan kami rasakan situasi aman, lancar, dan kondusif. Semua itu tidak lepas dari unsur aparat keamanan yang setiap saat mengawal jalannya proses tahapan yang telah berjalan," beber Arsalin.

Ia juga menjelaskan, tahapan pencalonan anggota legislatif Pemilu 2024 sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023 Tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, Kota. (edy)

  • Bagikan