Keren! 43 Lulusan SMAN 5 Parepare Lolos PTN Populer, Bahkan Ada 1 di UI

  • Bagikan
Foto dari depan SMAN 5 Parepare. (IST)

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Lulusan SMA Negeri 5 Parepare Tahun 2023 cukup membanggakan. Pasalnya, dari 114 orang yang lulus di sekolah tersebut, 43 di antaranya lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2023.

Pengumuman hasil SNBT khusus siswa SMAN 5 Parepare disampaikan Kepala UPT SMAN Parepare Muzakkir Damir, Rabu 21 Juni 2023.

"43 lulusan SMAN 5 Parepare, dari 114 lulusan tahun 2023," ujarnya.

Ia mengungkapkan, metode pembelajaran di SMAN 5 Parepare dibarengi dengan bimbingan khusus terkait soal-soal UTBK.

"Ada bimbingan khusus pembahasan soal UTBK pada sore dan malam hari," ungkapnya.

Metode ini sebetulnya sudah sejak dulu. Namun dikembangkan sejak Muzakkir Damir duduki jabatan Kepala UPT SMAN 5 Parepare.

"Kalau dulu pembelajaran sore dan malam diisi dengan bimbingan persiapan Ujian Nasional," tambah Muzakkir Damir.

Muzakkir Damir dipercaya dan dilantik sebagai Kepala UPT SMAN 5 Parepare sejak 27 September 2022.

Adapun PTN yang paling banyak diminati lulusan SMAN 5 Parepare yaitu Universitas Hasanuddin (Unhas) dengan prodi paling banyak yaitu Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi.

Selebihnya mengambil prodi Akuntansi, Agroteknologi, Administrasi Publik, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Hukum, Farmasi, Manajemen, Kedokteran Hewan, Psikologi, Statistika, Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil.

Selain Unhas, ada juga yang memilih Universitas Negeri Makassar (UNM), Institut BJ Habibie Parepare.

Bahkan ada yang lulus di PTN luar Sulsel. Mereka memilih melanjutkan pendidikan di Pulau Borneo seperti di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Universitas Mulawarman Samarinda, Kalimantan Timur.

Ada juga di Universitas Khairun (UNKHAIR) Ternate, Maluku Utara dan di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur. Bahkan ada yang lulus di Universitas Indonesia dengan mengambil prodi Teknik Sipil. (Nan)

  • Bagikan