PKM Umpar Sosialisasi Celengan Target di SD Muhammadiyah 1

  • Bagikan
Suasana edukasi celengan target kepada siswa SD Muhammadiyah 1 Parepare, belum lama ini.

PAREPARE, PARE POS -  Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) melaksanakan sosialisasi celengan target kepada peserta didik SD Muhammadiyah I, belum lama ini. Tujuannya, menanamkan jiwa kewirausahaan peserta didik sejak dini.

Turut hadir Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah Parepare, Parman Farid, Ketua PKM Arfianty beserta jajarannya, dan orang tua peserta didik. Ketua PKM Arfianty mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan pemahaman peserta didik sejak dini dalam berinvestasi.

Karena, investasi sangat penting bagi masa depan anak. Tak hanya itu, dirinya menjelaskan, peserta didik tidak hanya diberikan pemahaman terkait pendidikan moral dan akademik, namun juga pendidikan mengenai pengelolaan keuangan.

"Masalah dalam murid SD ini adalah sebagian besar uang jajan yang dimiliki digunakan membeli makanan kecil atau mainan. Pemberian uang jajan yang diberikan pada anak tidak sebanding dengan pemikiran mereka tentang pengelolaan uang, sehingga mereka belum dapat mengenal uang dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan PKM ini diawali dengan sosialisasi dalam bentuk FGD, lalu dilanjutkan dengan memberikan edukasi celengan target kepada peserta didik SD Muhammadiyah I Kota Parepare dalam bentuk menonton video, cara menabung, dan teka teki silang.  

"Kita harapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran anak untuk menabung, sehingga mereka dapat terbiasa untuk menabung sejak dini, dan mampu mengelola keuangan dengan baik. Termasuk, menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada anak sejak dini, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan memperkenalkan celengan target sebagai sarana pembelajaran mengenai pengelolaan uang yang baik," tandasnya. (has) 

  • Bagikan