Pemkab Barru Sosialisasi Melawan Rentenir dan Pinjaman On Line

  • Bagikan

BARRU, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Barru Ir. H.Suardi Saleh,M.Si membuka Sosialisasi Perang Melawan Rentenir dan Layanan Keuangan Syariah Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Barru yang berlangsung di Aula Bappelitbangda Kab.Barru , Kamis, 10/10/2023

Bupati Barru mengatakan, Sosialisasi Perang Melawan Rentenir dan Layanan Jasa Keuangan yang dilaksanakan ini, diharapkan dapat menjawab praktik rentenir dan pinjaman online yang marak di masyarakat diakibatkan oleh kurangnya literasi keuangan terhadap sistem keuangan khususnya yang berprinsip kepada syariah.

Dikatakan Bupati, selain praktik rentenir, masalah jeratan pinjaman online ilegal juga tak kalah meresahkan. Mirisnya lagi katanya, pinjaman online justeru banyak menyasar masyarakat yang melek digital seperti mahasiswa dan ASN.

Lebih lanjut Bupati Suardi Saleh menekankan perang melawan praktek rentenir juga pinjaman online ini harus bisa mendapat solusi, tidak hanya sebatas sosialisasi dan melarang masyarakat mengaksesnya. Akan tetapi, melalui penguatan kapasitas pengembangan geliat UMKM di tengah masyarakat.

"Kepada Otoritas Jasa Keuangan (OKJ) saya berharap agar pihak Bank Konvensional maupun Syariah dapat mempermudah syarat kredit seperti KUR bagi masyarakat kecil dan pelaku UMKM. Yang penting data dan usahanya jelas agar dimudahkan sehingga masyarakat dapat mengembangkan usahanya tanpa harus tertekan secara psikologis ”, harap Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengapresiasi hadirnya KCP Bank Syariah Indonesia (BSI) di Barru selaku penyedia Layanan Keuangan yang memancarkan nilai-nilai syariah, sebagai upaya mendorong bergeraknya roda perekonomian di Kab Barru. Hal ini tentunya sejalan dengan Visi Kab Barru yang Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan dan Bernafaskan Keagamaan.

"Kepada Bank Syariah Indonesia agar dapat mengembangkan dan memperluas Program Pemberdayaan UMKM untuk klaster udang vaname dan klaster lainnya di Kab Barru melalui mitra BSI Maslahat yang menghimpun dan menyalurkan ZISWAF, CSR dan dana sosial lainnya yang berpacu pada prinsip ekonomi berkelanjutan", tandas Bupati Barru.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Regional 6 Sulampua Makassar, Normasita, SH. MH, Deputi Operasional BSI Regional X Makassar, diwakili Kepala BSI KCP Barru, Andi Fajar, Sekretaris Daerah Kab. Barru selaku Koordinator TPAKD Kab Barru
Para Staf Ahli Bupati,Para Asisten Setda,Para Kepala OPD Pemkab Barru,Para Kabag Setda Barru. Para Camat se Kab Barru. Para Kepala Desa dan Lurah se Kab. Barru.
(HUMAS IKP)

  • Bagikan