Bawaslu Pangkep Rekomendasikan PSU di TPS Bungoro

  • Bagikan

PANGKEP, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Bawaslu Kabupaten Pangkep kembali merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di salah satu TPS yang ada di wilayah Kecamatan Bungoro, Pangkep.

Hal itu diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Samsir Salam di ruang kerjanya, Kamis (22/02/2024).

Kata dia, rekomendasi PSU ini merupakan buntut dari adanya dugaan pelanggaran administratif yang ditemukan oleh jajarannya.

“Setelah teman-teman Panwaslu Kecamatan (Bungoro) menyurat, meminta ke teman-teman PPK untuk melakukan penghitungan suara ulang, terhadap dugaan pelanggaran administratif yang terjadi di TPS 21 (Samalewa), ternyata ditemukan ada beberapa selisih antara jumlah pemilih dan surat suara yang digunakan,” ungkapnya.

“Sehingga, Bawaslu atau Panwaslu Kecamatan berkeyakinan dengan bukti-bukti yang didapatkan, untuk melakukan upaya rekomendasi PSU, dalam rangka memperbaiki seperti semula, karena hal ini diduga pelanggaran administratif,” sambungnya.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan menelisik apakah ada unsur kesengajaan atau tidak terhadap dugaan pelanggaran tersebut.

“Tapi kami juga mencoba menelisik apakah ini terjadi unsur kesengajaan atau tidak,” katanya.

Dirinya menambahkan bahwa TPS 21 Samalewa akan menggelar Pemungutan Suara Ulang untuk 5 (lima) jenis surat suara.

“Yang pastinya TPS 21 sudah kami rekomendasikan untuk PSU,” tutupnya. (min)

  • Bagikan