Imigrasi Polman Cegah TPPO/TPPM Lintas Negara

  • Bagikan

POLMAN, PAREPOS.FAJAR.CO.ID -- Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar (Polman) menerima kunjungan rombongan Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulawesi Selatan, di Ruang Rapat Kantor Imigrasi Polman, Selasa, 13 Februari 2024.

Kunjungan rombongan BP3MI Sulsel yang dipimpin Dharma Saputra, selain sebagai perkenalan dirinya sebagai Kepala BP3MI Sulsel yang baru, juga dalam rangka koordinasi terkait pemberangkatan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) melalui Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polman.

“Salam kenal dan salam hormat dari saya untuk Bapak serta Ibu di Kantor Imigrasi Polman, kami ucapkan terima kasih atas sinergi yang sudah terbangun khususnya dalam pemberangkatan CPMI di Pelabuhan Silopo beberapa waktu lalu,” kata Putra, sapaan akrabnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman, Adithia P Barus, beserta jajaran menyambut baik kunjungan rombongan BP3MI Sulsel.

Kedatangan mereka menunjukkan kolaborasi yang baik antarstakeholder dalam pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyeludupan Manusia (TPPM) yang rawan terjadi.

Adithia P Barus melaporkan bahwa sudah dilaksanakan koordinasi dengan P4MI Polewali Mandar maupun Dinas Tenaga Kerja di wilayah sebelum adanya pelayaran perdana Silopo – Lahad Datu Malaysia. Sehingga penumpang yang merupakan CPMI dipastikan legal dan prosedural.

“Kami sampaikan selamat datang atas kunjungannya, hal ini merupakan wujud bahwa sinergi dan kolaborasi lintas instansi dalam mencegah TPPO maupun TPPM telah berjalan dengan baik,” ujar Adithia.

Adithia menambahkan kegiatan ini dapat memperkuat sinergitas antarinstansi terkait pencegahan TPPO/TPPM, misalnya pemberangkatan PMI Non Prosedural melalui pintu keluar, baik bandara ataupun pelabuhan.

“Harapan kami kegiatan ini dapat meningkatkan koordinasi pencegahan terjadinya TPPO dan TPPM lintas negara, serta bersama-sama dapat melakukan pemetaan daerah-daerah rawan TPPO/TPPM. Dengan duduk bersama, kita bisa menndapatkan hasil yang positif tentunya,” tutur Adithia. (**)

  • Bagikan