Dinas PKP Parepare Intensifkan Pengawasan Lalulintas Hewan Ternak Jelang Lebaran Idulfitri

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPOS-- Menjelang hari raya Idul Fitri, Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) Kota Parepare intes memperketat pengawasan hewan ternak. Termasuk, lalulintas hewan ternak yang melintas di Parepare. Jajaran Dinas PKP Parepare, turun melakukan pengawasan lalulintas hewan ternak di perbatasan Parepare-Barru.

Kepala Dinas PKP Kota Parepare Wildana didampingi Kabid Peternakan Dinas PKP, Farid Mahzar turun langsung melakukan pengawasan lalulintas hewan ternak di Jalan Bau Massepe, Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare tepatnya di jalur masuk Terminal Lumpue, Jumat, 5 April 2024, malam. Tak hanya pengawasan lalulintas hewan ternak, Dinas PKP juga melakukan pengawasan di beberapa pasar di Parepare.

Wildana mengatakan, pengawasan lalulintas hewan ternak ini dilakukan, karena Parepare merupakan kota pelintasan.

"Ini kita adakan menjelang hari raya Idulfitri. Tujuannya, bagaimana kita memastikan hewan ternak yang di lalulintaskan itu, Insyallah legal dan aman di konsumsi oleh masyarakat," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan kontribusi Dinas PKP Kota Parepare dalam menjaga keamanan pangan, khususnya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Dari hasil pengawasan ini, Alhamdulillah belum kami temukan ternak yang istilahnya tidak legal. Insyaallah, semuanya aman untuk di konsumsi oleh masyarakat," ungkapnya.

Dia menjelaskan, dalam pengawasan ini, memeriksakan administrasi, terkhusus Surat Kesehatan Hewan Ternak (SKKH) yang dikeluarkan oleh daerah asal.

"Kalau ternak yang kami temukan itu tidak lengkap dengan administrasi, kami pulangkan atau tidak di izinkan untuk lewat," katanya.

Dia menambahkan, pengawasan di lakukan di hingga dini hari karena pada umumnya kendaraan pengangkut hewan ternak rata-rata melintas di malam hari. "Kita turun bersama tim dari Dinas PKP untuk mengawasi lalulintas ternak di perbatasan. Termasuk juga, jelang lebaran Idulfitir, tim Dinas PKP turun ke pasar-pasar," tandasnya. (has)

  • Bagikan