Ingin Mudik Aman dan Lancar, Ikuti Tips dari Kapolres Maros AKBP Awaludin

  • Bagikan
Kepala Kepolisian Resor Maros, AKBP Awaludin Amin. (Teguh/Parepos.fajar.co.id)

MAROS, PAREPOS.FAJAR.CO.ID - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Maros, AKBP Awaludin Amin mengimbau masyarakat untuk menghindari beberapa tanggal yang diprediksi terjadi kemacetan.

Hal itu merupakan tindak lanjut dari prediksi Korlantas Polri terkait puncak arus mudik lebaran 2024 yang telah dimulai dari tanggal 5 april dan arus balik yang akan terjadi pada 15 april 2024.

"Kami dari Polres Maros menghimbau masyarakat agar menghindari tanggal-tanggal tersebut. Jadi bagi masyarakat agar memilih waktu melakukan perjalanan pada waktu puncak mudik dan balik atau memilih waktu berangkat maupun kembali yang tepat untuk menghindari kemacetan,” kata AKBP Awaludin Amin, Senin 8 April 2024.

AKBP Awaludin melanjutkan, selain himbauan untuk menghindari tanggal puncak mudik, ia juga memberikan beberapa tips bagi para pemudik yang hendak melakukan mudik dan balik untuk memastikan beberapa hal penting seperti kesiapan kendaraan, estimasi waktu perjalanan, kelengkapan dokumen dan barang bawaan.

"Pastikan kendaraan yang digunakan dalam perjalanan mudik dalam kondisi baik dan siap untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Periksa keandalan mesin, rem, lampu, dan kondisi lainnya sebelum berangkat. Rencanakan waktu perjalanan dengan baik untuk menghindari kepadatan lalu lintas dan mengurangi risiko kecelakaan," ungkap Perwira Polri Dua Melati itu.

"Selanjutnya pastikan untuk membawa semua dokumen penting seperti KTP, SIM, STNK, dan dokumen kendaraan lainnya. Selain itu, siapkan barang-barang kebutuhan selama perjalanan dengan baik," tambahnya.

Mantan Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya itu juga mengimbau kesehatan masyarakat untuk diperhatikan dalam melakukan perjalanan mudik dan balik. "Pastikan untuk beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, serta melakukan istirahat singkat setiap beberapa jam untuk menghindari kelelahan saat berkendara," jelas AKBP Awaludin.

Terakhir, AKBP Awaludin juga meminta masyarakat untuk memastikan keamanan rumah yang akan ditinggalkan selama periode lebaran tahun 2024 serta mematuhi peraturan lalu lintas selama melakukan perjalanan. "Pastikan sudah memadamkan aliran listrik, kompor, menyimpan harta benda di tempat aman dan mengunci rumah saat ditinggalkan," imbuhnya.

"Patuhi semua aturan lalu lintas seperti batas kecepatan, penggunaan sabuk pengaman, dan larangan penggunaan ponsel saat berkendara," jelas AKBP Awaludin yang juga mantan Kasubdit Kejahatan Terorganisir Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya itu. (*)

  • Bagikan