Lima Kapal Laut Berangkat dari Pelabuhan Nusantara dalam Sehari, Akbar Ali Lepas Pemudik Gratis Tujuan Balikpapan

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE, -- Puncak arus balik melalui Pelabuhan Nusantara Parepare terjadi, Rabu, 17 April 2024.
Masyarakat yang sebelumnya mudik lebaran, kini kembali ke perantauan untuk menjalani aktivitas usai libur berakhir.

Puncak arus balik juga dibarengi dengan pelepasan mudik gratis yang dapat dinikmati ratusan masyarakat yang akan ke Kalimantan menggunakan KM Lambelu. Lebih 300 orang menikmati fasilitas mudik gratis ini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Parepare Akbar Ali kembali melepas pemudik gratis yang berjumlah 300 orang di Pelabuhan Nusantara Parepare, Rabu, 17 April 2024, malam. Para penumpang menggunakan KM Lambelu tujuan Balikpapan.

Menurutnya, ini sebagai bentuk perhatian pemerintah dan komitmen bahwa pemerintah ingin memberikan pelayanan terbaik dalam pelaksanaan mudik yang tiap tahun dilaksanakan.

"Salah satunya memberikan pelayanan mudik gratis. Inilah salah satu bentuk komitmen pemerintah bersama instansi terkait," kata Akbar dalam sambutannya di hadapan para calon penumpang di Terminal Ajatappareng Pelabuhan Nusantara Parepare.

Dia menyampaikan kepada calon penumpang bahwa pemkot Parepare, Forkopimda, maupun instansi terkait dari KSOP, Pelni, Pelindo, dan lain-lain berkeinginan dalam memberikan pelayanan maksimal.

"Kami betul-betul ingin memberikan pelayanan terbaik. Kami tahu masyarakat Parepare dan sekitarnya di sulsel makin banyak yang memanfaatkan moda transportasi laut, termasuk KM Lambelu," pesan Akbar Ali.

Dia pun berharap calon penumpang betul-betul memanfaatkan fasilitas mudik gratis ini dengan baik.

"Saya harap penumpang betul-betul memanfaatkan fasilitas ini dengan baik. Kami harap penumpang bisa sampai tujuan dengan selamat. Dan momen atau tahun-tahun berikutnya bisa kembali lagi di sulsel dan sekitarnya," ucapnya.

Tak lupa Akbar Ali menyampaikan terimakasih kepada Pelni, KSOP dan semua unsur yang terlibat dal memberikan pelayanan mudik gratis ini kepada masyarakat.

"Terimakasih kepada seluruh jajaran baik instasi vertikal maupun Pemkot yang bahu membahu untuk memberikan pelayanan ini," katanya.

Sementara itu, Kepala KSOP Kota Parepare, Shaiful Horry mengatakan mudik gratis ini sebelumnya sudah dilakukan pada tanggal 14 April lalu dengan kuota 300 orang. "Malam ini kuotanya 300 lebih. Dan nanti tanggal 19 melalui KM Egon dengan kuota 400 orang," katanya.

Ia pun berpesan kepada calon penumpang agar bisa menikmati perjalanan dengan baik, menjaga keselamatan dan keamanan bersama.

"Mari jaga keselamatan dan keamanan bersama. Semoga ini penuh keberkahan. Selamat berjumpa dan selamat menikmati perjalanan. Selamat hari raya Idulfitri 1445 H/2024," harapnya.

Humas KSOP Kota Parepare Eko Prayetno menyebutkan, arus balik pasca libur lebaran 1445 hijriah terjadi pada Rabu, 17 April 2024. Sebanyak 6.534 penumpang berangkat dari Pelabuhan Parepare menuju berbagai daerah di Kalimantan.

"6.534 penumpang dari lima kapal. Prince Soya membawa 1.658 penumpang., Pantokrator membawa 1.294 penumpang, KM Cattleya membawa 1.346 penumpang, KM Swarna Bahtera membawa 348 penumpang, dan KM Lambelu membawa 1.888 penumpang," tandasnya. (nan)

  • Bagikan