Senpi dan Randis Satlantas Polres Polman Diperiksa

  • Bagikan

POLMAN,PARE POS.CO.ID,– Kepolisian Resort Polman ( Polres) menggelar pemeriksaan dan pengecekan berkala senjata api (senpi) dan kendaraan dinas (Randis ) di unit Satlantas

Kabag Log Polres Polman, AKBP M. Fachruddin, bersama Kasi Propam dan Kasiwas ikut melakukan pengecekan Senpi dan Ranmor milik Personel Satlantas Polres Polman.

Pemeriksaan dan pengecekan personel yang memegang senpi dinas dan Kendaraan dinas itu dilakukan setelah apel pagi Jumat 11 Februari 2022.

Kapolres Polman, AKBP Agung Budi Leksono, SH,. melalui Kasi Humas AKP Suyuti menjelaskan, pemeriksaan dan pengecekan senpi dan Randis merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelaikan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya. Tujuannya untuk memastikan senjata api Dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan. Pemeriksaan kendaraan dinas meliputi kelengkapan Surat Surat Kendaraan, pengecekan nomer rangka dan nomer mesin, pengecekan kelaikan kendaraan maupun pengecekan kebersihan kendaraan.” jelas AKP Suyuti.

Khusus senjata api dinas yang dipegang anggota Polri, lanjut dia, berfungsi untuk melindungi masyarakat ketika personel menjalankan tugas menjaga kamtibmas. Dalam rangka itulah, pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas digelar oleh Polres Polman

Menurut Suyuti, tidak semua personel diizinkan untuk memegang senpi dinas. “Personel yang memegang senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteraia yang ditentukan,” katanya. Anggota Polri yang memegang senpi dinas harus memenuhi beberapa syarat antara lain dinyatakan sehat dan lulus tes psikologi serta mempunyai mental kepribadian yang baik.

Selain itu, personel yang mendapat prioritas memegang senpi pinjam pakai adalah mereka yang bertugas di bidang operasional.(win/B)

  • Bagikan