Setyabero : Belum Ada Kasus Hepatitis Akut di Mateng

  • Bagikan

Kadis Kesehatan Mateng, Setyabero.

MATENG, PARE POS. FAJAR.CO.ID - Kasus Hepatitis akut belum di temukan di Mamuju Tengah, hal tersebut di ungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Setyabero, SKM, M.M.Kes., Senin (09/05/22).

Setyabero mengatakan, penyakit hepatitis sebenarnya banyak menimpa remaja usia produktif dan usia lanjut.

Ia melanjutkan terkait isu saat ini hepatitis akut pada anak, pihaknya sudah menerima surat edaran dari Kementrian Kesehatan, tentu ini menjadi perhatian untuk melakukan deteksi dini survelen penyakit menular terkait hepatitis anak sesuai edaran tersebut.

"Jadi kami juga harus menindak lanjuti surat tersebut agar menjadi perhatian otomatis ini menjadi tanggung jawab medis di masing-masing Puskesmas adalah dokter yang tentunya melakukan pengkajian khusus gejala-gejala yang kemungkinan mengarah kepada hepatitis akut," ujarnya.

Ia berharap Satu-satunya yang harus dilakukan adalah Survelen, harus dimaksimalkan tentu ada indikator yang harus di buat petugas Puskesmas bersama penanggung jawab dokter. Untuk setiap pasien anak mendapat perhatian khusus agar tidak menjadi penyakit lebih lanjut.

"Jangan sampai misalnya penyakit hepatitis akut, salah satu gejalanya kita lihat pada mata itu tampak kuning, harapan kita tidak sampai kesana karena ini penyakit gangguan fungsi hati pada tubuh," benernya.

Menutup wawancaranya Ia menyampaikan saat ini pihaknya belum menerima laporan temuan penyakit hepatitis akut di Mateng.(slm)

  • Bagikan