UKM UNM Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba di SMP Frater Parepare 

  • Bagikan

PAREPARE, PAREPOS.FAJAR.CO.ID-- Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menggelar kegiatan Bakti Sosial berupa  penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba bagi seluruh siswa-siswi SMP Frater Parepare.

Kegiatan yang bertajuk 'MAPHAN PEDULI' 2022 (Bakti Sosial) Mahasiswa-Mahasiswi Peduli HIV AIDS/AIDS dan NAPZA ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta didik tentang bahaya pergaulan bebas atau seks bebas.

Termasuk penyalahgunaan narkoba dan dampak buruk yang dapat ditimbulkan, serta meningkatkan kesadaran para peserta didik akan pentingnya mempersiapkan diri demi meraih masa depan yang gemilang tanpa seks bebas, narkoba dan zat-zat adiktif lainnya.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman sekolah, dimulai dengan penegasan berkaitan dengan adanya perilaku pergaulan bebas dalam kalangan remaja serta maraknya peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di Indonesia. Seperti diketahui akhir-akhir ini, pengguna narkoba telah memakan korban khususnya kalangan remaja yang sangat mengkhawatirkan masyarakat.

Oleh sebab itu, upaya penyelamatan generasi muda perlu dilakukan demi mencegah merebaknya perilaku seks bebas dan peredaran narkoba di kalangan generasi muda, terlebih khusus di kalangan para pelajar. Kegiatan penyuluhan ini diikuti dengan penuh antusias oleh seluruh siswa-siswi SMP Frater.

Hal ini tergambar dari pertanyaan-pertanyaan seputar HIV/AIDS dan narkoba dan bahaya penyalahgunaannya yang dilontarkan oleh sejumlah siswa dan siswi kepada pemateri. Salah seorang peserta didik peserta penyuluhan ini, Grace Arini Anggur usai mengikuti kegiatan ini mengaku senang dan gembira karena bisa mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut.

“Saya merasa senang dan  gembira bisa mengikuti kegiatan penyuluhan ini, karena melalui kegiatan ini kami para peserta didik dapat semakin memahami dan mengerti tentang perilaku seks bebas, HIV/AIDS dan narkoba itu sendiri, serta bahaya-bahaya atau dampak-dampak buruk yang akan ditimbulkan dari penyimpangan dan penyalahgunaan hal-hal tersebut. Dengan begitu, kami dapat menghindarinya, dan kami dapat lebih menfokuskan diri kami untuk belajar dengan giat demi memperjuangkan masa depan kami,” tandasnya.

Selanjutnya, siswa yang duduk di kelas VIII ini mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan UKM UNM Makassar yang memfasilitasi terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

Pihak sekolah sendiri melalui Kepala SMP Frater Parepare, Fr. Rui Da Costa Camoes, HHK., S.Kom, ketika ditemui di sela-sela pelaksanaan kegiatan penyuluhan mengatakan bahwa pihak sekolah sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para mahasiswa dari UKM UNM yang tergabung dalam MAPHAN PEDULI 2020 yang telah menggagas terlaksananya kegiatan ini.

Lebih lanjut beliau mengatakan, bahwa melalui kegiatan penyuluhan ini, diharapkan bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi para peserta didik tentang tentang perilaku seks bebas yang bisa berdampak pada munculnya penyakit berbahaya yakni HIV/AIDS serta bahaya penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya dalam kehidupan sehari-hari, agar mereka dapat menghindarkan diri dari barang-barang haram tersebut, sehingga terciptalah generasi-generasi yang berkualitas tanpa narkoba.
          
Di akhir kegiatan tersebut, Mahasiswa anggota UKM UNM Makassar sebagai penggagas terselenggaranya penyuluhan tersebut menyerahkan piagam atau plakat kepada pihak sekolah sebagai salah satu sekolah yang menjadi fasilitator kegiatan penyuluhan Peduli HIV/AIDS dan NAPZA. Plakat tersebut diterima langsung oleh Kepala SMP Frater Parepare, Fr. Rui Da Costa Camoes, HHK., S.Kom.(*)

  • Bagikan