Umpar Gelar PKM Penerapan Biostimulan Organik di Parepare

  • Bagikan

PAREPOS.FAJAR.CO.ID, PAREPARE -- Universitas Muhammadiyah Parepare melalui Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Terintegrasi MBKM berbasis IKU Tahun 2022. Kegiatan dilakukan di Kampung Bacukiki Kota Parepare yang mengangkat tema Penerapan Bostimulan Organik untuk Peningkatan Kualitas Produksi Pangan.

Pada Kegiatan ini, LPPM UM Parepare bekerja sama dengan dengan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Parepare beserta Mitra Kelompok Tani. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di rumah salah satu Mitra Kelompok Tani, yakni berupa sosialisasi dan penyuluhan pada Selasa, 20 Desember 2022 lalu.

Kegiatan PKM ini di ikuti sebanyak 57 orang yakni dari anggota Kelompok Tani, Penyuluh, dan Tokoh Masyarakat. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan PKM sebab materi yang di sampaikan sangat bermanfaat untuk para petani.

Ketua Tim Kegiatan PKM adalah Dr. Iradhatullah Rahim, S.P., M.P yang beranggotakan 3 orang yaitu, Nurhasan, S.Pt., M.Si., Bahruddin, SE, M.Si dan Hamsyah S.T., M.T, serta melibatkan mahasiswa semester 4 Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan.

Kegiatan PKM ini di buka oleh Dekan Fakultas Pertanian dan Perikanan (FAPETRIK), Dr. Nurhapsa, M.Si. dan Sekretaris Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan kota Parepare

Kegiatan PKM tersebut bertujuan untuk menerapkan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat yaitu penerapan bio stimulan organik untuk meningkatkan kualitas pangan di kota Parepare dengan cara sosialisasi dan penyuluhan kepada Masyarakat dan Kelompok Tani di Kampung Bacukiki.

Ada 4 tahap yang dilakukan pada kegiatan ini, yaitu rekrutmen peserta beserta pre tes, survey lokasi, penyuluhan penggunaan pupuk organik, dan yang terakhir adalah aplikasi pada demplot di lahan sawah milik kelompok tani.

Kegiatan ini memuat 3 indikator kinerja utama (IKU), yaitu IKU 2, mahasiswa mempunyai pengalaman di luar kampus, IKU 3 dosen berkegiatan di luar kampus, dan IKU 7 hasil kerja dosen dirasakan oleh masyarakat.

Ketua Tim PKM, ibu Dr. Iradhatullah Rahim, S.P., M.P mengungkapkan harapan kedepan, setelah kegiatan ini selesai, ia berharap progres organik itu berlanjut.

"saya harap program organik ini tetap berlanjut, apa lagi kami berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Parepare," ujarnya.

Menurutnya, Kepala Dinas PKP sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Saya harap juga pertanian di Parepare bisa mensuplai minimal ¾ dari jumlah penduduk Parepare," tandas Dr. Iradhatullah.(*)

  • Bagikan